Luas Lahan Pertanian dan Perkebunan Akan Bertambah

MediaTani.com Presiden Joko Widodo siang ini, Rabu (8/4/2015) menggelar rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat membahas mengenai pertanian dan perkebunan.

Saat membuka ratas, pria yang sapaan akrabnya Jokowi ini mengatakan pemerintah berencana memperluas lahan pertanian dan perkebunan.

“Pemerintah telah mempersiapkan perluasan lahan yang sangat besar yang akan diberikan kepada petani, terutama di luar Jawa,” ujar Jokowi.

Rencana perluasan lahan pertanian dan perkebunan tersebut merupakan langkah pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

Untuk merealisasikan itu, Jokowi selain mengumpulkan menteri terkait, juga mengumpulkan sejumlah pengusaha yang bergerak di bidang pertanian maupun lainnya, untuk mendapatkan saran mengenai perluasan lahan maupun produksi hasil pertanian.

“Oleh sebab itu dalam kesempatan ini saya ingin dapat masukan karena plasma dan inti sangat penting. Terutama para pengusaha yang hadir saya minta agar produk-produk yang berkaitan dengan pertanian dan perkebunan yang berorientasi pada sektor ekspor, saya ingin dapat masukan agar komoditas yang ada ini orientasinya diarahkan kepada ekspor,” kata Jokowi.

Dalam ratas ini, sejumlah menteri yang hadir yaitu Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto dan Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan.

Selain itu, jumlah pengusaha yang hadir untuk memberikan masukan kepada Presiden kurang lebih 20 pengusaha. (TN)