Manfaat Tanaman Hias Di Rumah Anda

Manfaat tanaman hias ada banyak yang bisa dirasakan langsung oleh manusia. Selain menjadi penambah estetika rumah, tanaman hias memiliki manfaat yang tidak pernah anda duga sebelumnya. Manfaat tanaman hias seringkali tidak diketahui bahwa itu bisa dinikmati, padahal bisa saja anda menumbuhkannya dengan mudah.

Manfaat tanaman hias bagi kesehatan juga bisa dirasakan, salah satunya adalah memberikan kesegaran udara baik di luar rumah maupun di dalam ruangan. Pada umumnya, diketahui bahwa tanaman bukan hanya sebagai penghijau suatu kawasan dan mencegah bencana alam namun juga sebagai peningkatan kesehatan lingkungan.

Tanaman hias banyak kita jumpai dijual dipinggir jalan ataupun di toko-toko besar dengan variasi harga mulai dari ribuan rupiah hingga jutaan rupiah. Faktanya jenis tanaman ini sebenarnya bukan hanya sebagai pelengkap dekorasi ruangan anda namun memiliki puluhan manfaat yang tidak anda sadari. Andapun tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk menikmati manfaat tanaman hias.

Beberapa manfaat tanaman hias

1. Mampu menghilangkan rasa kantuk
Ada beberapa jenis tanaman hias yang mampu mencegah kantuk datang karena adanya fotosintesis yang menyerap karbondioksida dan menghilangkan rasa kantuk. Selain itu adanya kadar karbondioksida yang tinggi mampu membuat lesu, lelah dan kantuk melanda tubuh kita.

2. Mempersegar ruangan
Hasil fotosintesis yang dilakukan oleh tanaman hias akan menghasilkan oksigen yang mampu memberikan udara yang bersih dan segar bagi ruangan sekitar anda.

3. Mengurangi debu di dalam ruangan anda
Tanaman hias anda juga dapat mengurangi debu dalam rumah anda karena mengandung kelembapan yang dapat menyerap debu dalam rumah.

4. Menghilangkan stress
Tanaman hias memiliki berbagai warna,corak dan bentuknya yang berbeda-beda satu sama lainnya sehingga warna indah tersebut juga membuat pikiran menjadi jernih dan strespun menghilang.

5. Menghilangkan batuk
Tanaman hias jenis eucalyptus mampu menghilangkan dahak dalam tenggorokan sehingga sistem pernafasan menjadi normal.

6. Menghilangkan migraine
Tingginya kadar karbondioksida sangatlah berpengaruh negative terhadap tubuh manusia selain membuat lelah dan lesu ternyata karbondioksida juga menyebabkan migraine atau sakit kepala sebelah. Oleh karenanya tanaman hias mampu menghilangkan migraine sebab menyerap karbondioksida dan menggantinya dengan oksigen yang baik bagi tubuh.

7. Membunuh bakteri
Tanaman hias jenis eucalyptus mampu membunuh bakteri dan dijadikan antiseptic. Bila anda sedang kalut dan stress ataupun flu ada baiknya anda menghirup bunga jenis ini agar anda kembali bugar. Bunga jenis ini juga mampu menghilangkan atau meredakan hidung yang sedang mapet karena flu.

8. Aroma terapi
Beberapa tanaman hias memiliki wangi bunga yang enak dan dapat dijadikan aroma terapi. Wanginya yang menyegarkan ruangan mampu membuat tubuh anda menjadi lebih rileks dan menurunkan tingkatan stress yang sedang anda alami.

9. Sebagai obat keluarga
Tanaman hias juga sangat bagus untuk dijadikan tanaman obat keluarga seperti tanaman jahe, kunyit, kunir ataupun temulawak yang dapat digunakan sebagai jamu tradisional yang baik dikonsumsi oleh tubuh kita.

10. Menumbuhkan nafsu makan
Bila anda membeli pandan dan menadikan tanaman hias rumah anda tentunya daunnya dapat anda gunakan dalam makanan anda agar lebih sedap dan menumbuhkan nafsu makan anda yang sebelumnya menurun.

11. Menyehatkan mata
Jika anda memilih mawa merah untuk menjadi tanaman hias rumah anda maka air redamannya mampu menghilangkan mata panda yang terjadi pada anda.

12. Mengatasi bengkak pada telapak tangan
Mawar ternyata selain baik pada mata juga bermanfaat untu menghilangkan bengkak yang terjadi mata telapak tangan anda. Caranyapun sangatlah mudah yakni meminum redaman mawar merah setiap harinya.

13. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
Tanaman hias berupa mawar merah mampu menurunkan kolesterol dan darah tinggi yang diambil dari biji mawar merah itu sendiri.

Selain manfaat diatas adapun manfaat tanaman hias lainnya yakni mampu merapatkan miss V, memperlancar pencernaan, mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti kencing manis, bisul ataupun ambien bahkan mampu menghilakn luka dan manfaat lainnya. Tanaman hias ini tentunya akan membawa energi positif serta meningkatkan kebersihan ruangan anda sehingga tidak salah bila anda memilikinya dalam rumah anda.