Mari Elka Pangestu: Kita Harus Bantu Petani

Mediatani.com – Petani banyak yang merasa bahwa ada yang tidak adil dalam persoalan harga. Para petani memperoleh keuntungan yang kecil bahkan kadang rugi, sedangkan tengkulak dapat untung besar. Hal tersebut mendapat respon dari Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu. Menurutnya, pemberdayaan petani akan lebih membantu.

“Jadi kalau kita mau membantu petani ini kan selalu diperdebatkan petani-petani harga perolehannya rendah. Kita harus bantu bukan di harganya tapi bagaimana dia diberdayakan. Bantuannya itu langsung ke petani, apakah melalui penyuluhan, diberi bibit yang lebih baik, pupuk dan pasca panennya,” kata Mari dalam konferensi internasional “Feeding The Zone” yang diadakan di Ballroom Jakarta Theater, Jakarta Pusat pada Sabtu (14/5/2016).

Dirinya menerangkan bawa keluhan petani sangat banyak disebabkan oleh selisih yang sangat besar antara yang didapat dan yang dijual.

“Mereka merasa tidak adil. Tapi kalau kita bisa buat bagian ini lebih efisien kan pasti harga ke konsumen juga menjadi lebih murah,” ujarnya.

Hal ini dapat dilakukan dengan pandangan yang komprehensif, agar tidak sepotong-potong mengatasi masalah tersebut.

“Saya rasa kembali lagi bagaimana kita benar-benar mempelajari keperluan dari petani dan program untuk membantu petani itu lebih dicocokin kepada keperluan petani. Rantai pasok dibuat lebih efisien dikurangi mata rantainya dibuat lebih efisien lagi,” katanya.

Soal mata rantai yang panjang, menurutnya salah satu yang tidak dimiliki petani adalah harga atau modal untuk bisa kuat mencari pembeli yang lebih baik.

/TN