Mentan Bantu Kabupaten TTS Rp 11 Milyar

Mentri Pertanian Amran Sulaiman Bersama Bupati TTS (Gambar: KupangPost)

MediaTani – Menteri pertanian Andi Amran Sulaiman akan memberi bantuan senilai 11 M kepada kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur. Bantuan tersebut dalam rangka membangun 1.000 sumur dangkal untuk mengatasi masalah kekeringan di TTS, terutama di Kecamatan Amanatun Selatan dan Kualin.

Bantuan pemerintah pusat ini disampaikan oleh Menteri Pertanian, saat meninjau lokasi kekeringan di Kecamatan Amanuban Selatan dan Kualin, Kamis (2/7/2015). Bukan hanya membangun sumur dangkal, Andi juga berjanji membantu membangun irigasi dan alat pertanian untuk meningkatkan produksi pertanian di dua kecamatan itu.
“Saya sudah lihat sendiri lokasi kekeringan hari ini. Ternyata ada potensi air bawah tanah yang luar biasa. Potensi air bawah tanah ini yang akan kita gunakan untuk mengatasi masalah kekeringan. Kita bangun 1.000 sumur dangkal lengkap dengan pompa airnya di delapan desa di dua kecamatan yang mengalami kekeringan,” kata Andi.
Amran menuturkan, selain memberikan bantuan sumur bor dan pompa air, kementerian pertanian memberikan bantuan traktor tangan, pembangunan irigasi, bibit tanaman holtikultural seperti sayuran dan jagung untuk masyarakat di dua kecamatan tersebut.
“Untuk memaksimalkan lahan pertanian, dari kementerian akan memberikan bantuan 38 hand traktor atau traktor tangan bagi para petani. Selain itu, akan dibangun saluran irigasi menggunakan sistem springkel untuk menghemat penggunaan air,” ujarnya.
Selain itu, kata Amran, Kementerian Pertanian juga memberikan bantuan 200 ekor sapi induk untuk para peternakan di dua kecamatan itu. Juga dana Rp 500 ribu untuk penguatan dan pendampingan tiap satu ekor sapi. “Untuk semua bantuan itu kami sudah siapkan anggaran Rp 11 miliar bagi Pemkab TTS,” tutup Amran. (dini)