Mentan Mengaku Kecewa Pada Produksi Pertanian Sulbar

Mediatani.com – Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman mengaku kecewa atas pencapaian produksi pertanian di Sulawesi Barat (Sulbar). Dirinya meminta pemerintah daerah di Sulawesi Barat dapat bekerja maksimal meningkatkan produksi pertanian dalam rangka mendorong pembangunan daerah di masa mendatang.

“Anggaran pertanian yang dikucurkan untuk Sulbar begitu besar sehingga mestinya diikuti dengan meningkatkan produksi pertaniannya,” kata Mentan RI saat melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan pemerintah Sulbar mengenai rencana pembangunan pertanian Sulbar dihadiri Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Senin (16/2).

Mentan mengatakan, dirinya sangat kecewa dengan produksi yang dicapai Sulbar yang peningkatan produksi pertaniannya tidak signifikan.

“Anggaran pertanian Sulbar yang dikucurkan pada 2014 mencapai Rp175 miliar dan meningkat pada tahun 2015 mencapai Rp500 miliar, kondisi peningkatan tersebut semestinya diikuti dengan peningkatan produksi pertanian yang tinggi,” katanya.

Oleh karena itu ia berharap agar kelemahan membangun sektor pertanian mesti dilakukan evaluasi dan kinerja dimaksimalkan mendorong pembangunan sektor pertanian agar peningkatan produksi komoditi pertanian dapat lebih maksimal.

“Kalau peningkatan produksi hanya 2,8 persen, sementara anggaran naik 300 persen tentu tidak sebanding, ini harus dievaluasi ke depannya, kalau tidak ada peningkatan produksi, maka anggaran pertanian untuk Sulbar sebaiknya dihentikan karena tidak mempengaruhi peningkatan produksi,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah pusat akan melakukan evaluasi terhadap daerah yang tidak mampu mengelola anggaran pertanian dengan baik dengan memangkas anggarannya.