Mentan Pastikan Penambahan Luas Tambah Tanam Di Jabar

Mediatani.com – Menteri Pertanian Amran Sulaiman memastikan langkah percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) di desa Margaasih Kecamatan Cisalengka Kabupaten Bandung. Pasalnya pencanangan LTT di Provinsi Jawa Barat ini sudah dilakukan sejak bulan Juli–September 2016.

“Kita hadir di tengah petani dan kita harus pastikan bahwa program percepatan tanam ini berjalan baik di lapangan, tidak hanya di instruksikan dari Jakarta,” demikian kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam kunjungan kerjanya, Rabu (31/8), di desa Margaasih Kecamatan Cisalengka Kabupaten Bandung.

Rutinnya Mentan mengunjungi Jawa Barat tidak lain karena merupakan salah satu daerah lumbung padi nasional.

“Untuk di Provinsi Jawa Barat sendiri upaya peningkatan produksi padi antara lain dengan meningkatkan luas tambah tanam (LTT),” demikian katanya.

Untuk target LTT Jawa Barat untuk tahun 2016 (OKMAR dan APSEP) adalah sebesar 2.18 juta Ha.

Lebih lanjut, Ia mengatakan hal ini sesuai dengan perencanaan bahwa target LTT Jawa Barat untuk periode April-September (APSEP) Tahun 2016 adalah sebesar 962.625 Ha, dan realisasi LTT Jawa Barat sampai dengan bulan Juli 2016 (per 18 Juli 2016) tercapai 668.286 Ha atau sekitar 69.42 persen.

Selain itu, Ia juga menegaskan strategi yang dilakukan Pemerintah (Kementan) untuk menyiasati keterbatasan luas lahan yang makin sempit akibat terjadinya alih fungsi lahan, adalah dengan peningkatan indeks pertanaman (IP) menjadi tiga kali.

Peningkatan IP ini dilakukan dengan mengoptimalkan ketersediaan air di waduk Jati Gede, sehingga diharapkan beberapa wilayah di Kabupaten Majalengka, Sumedang, Indramayu, Cirebon, Karawang dan Subang dalam satu tahun dapat dilakukan tiga kali tanam padi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi bahwa tahun ini Indonesia mengalami musim kemarau basah, sehingga kondisi ini sangat mendukung pencapaian target produksi yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu, Menteri Pertanian mengajak para petani untuk segera melakukan percepatan tanam padi dan tidak perlu khawatir padi yang ditanam tersebut akan mengalami kekeringan seperti tahun lalu.

Berita Ini Diberitakan Juga oleh Jitunews dengan judul “Tingkatkan Produksi Pangan, Mentan Tingkatkan Luas Tambah Tanam”