Menteri Pertanian Temui DPR Bahas APBNP dan DAK 2015

Ruang Rapat DPR RI
MediaTani – Menteri Pertanian Amran Sulaiman menghadiri Rapat Kerja Bersama Komisi IV DPR-RI pada hari senin (9/2/2015) pukul 11 siang. Dari agenda yang diumumkan DPR, rapat kerja tersebut membahas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015.

Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo mengatakan bahwa APBNP 2015 sebesar Rp 16,9 triliun yang dialokasikan untuk swasembada padi, jagung dan kedelai. Serta peningkatan produksi daging, gula cabai dan komoditas pertanian lainnya.

Selain membahas APBNP 2015, dalam rapat tersebut juga dibahas rencana penggunaan dana alokasi khusus sebesar Rp 4 triliun.

“Rapat kerja mengenai usulan dan alokasi khusus bidang pertanian 2015 sebesar Rp 4 triliun yang diarahkan kepada pembangunan prasarana dan sarana fisik dasar dan pengembangan irigasi tersier, sumber daya air, dan rehabilitasi jalan usaha tani,” paparnya.

Sementara itu Menteri Pertanian mengatakan, dari hasil blusukannya menempatkan pupuk sebagai salah satu bagian terpenting mengejar swasembada pangan.

“Sebagai gambaran simulasi penelitian dan pengembangan, keterlambatan 1 sampai 2 minggu kehilangan 3 juta ton,” Tutur Amran Sulaiman pada wartawan.

Selain itu upaya optimalisasi lahan kehutanan yang mencakup 7 juta ha serta pengembangan ladang huma diperlukan tambahan alokasi pupuk.

“Untuk itu kami usulkan alokasi pupuk untuk pengembangan sebesar Rp 2,5 triliun dari semula Rp 2,3 triliun. Dengan demikian sebesar Rp 250 miliar untuk pengembangan komoditi lainnya,” tambahnya.