Mewujudkan Kedaulatan Pangan Sebagai Implementasi Empat Pilar Bangsa

Mediatani.com – Kedaulatan pangan akan terwujud jika pemuda turut terlibat dalam membangun pertanian. Hal tersebut disampaikan oleh ketua Ketua Komisi V DPR RI Fary Dj Francis dalam kegiatan seminar sosialisasi empat pilar bertema “Kedaulatan Pangan Harga Mati-Implementasi Empat Pilar dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan” di Jakarta(07/05/2016).

Kegiatan yang dihadiri oleh 600 peserta dari beberapa organisasi mahasiswa pertanian Nasional, mahasiswa pertanian se Jabodetabek Banten dan kalangan umum yang tertarik dengan pertanian Indonesia.

“Tema ini diambil guna menumbuhkan kembali semangat mewujudkan kedaulatan pangan di Negeri agraris, yang sering dipermalukan dengan adanya impor pangan,” ujar Fary Dj Francis

Hadir pula pembicara seperti Haerul Saleh yang juga anggota dari Komisi XI DPR RI, Muh. Ikhsan Aziz sebagai ketua umum Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia (POPMASEPI) dan Khoiriyyah dari Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI).

Haerul Saleh menerangkan bahwa mewujudkan kedaulatan pangan adalah salah satu bentuk pengejawantahan dari empat pilar pondasi Negara seperti pada UUD 1945 pasal 33 yang salah satu intinya adalah mengatur ekonomi pada sektor pertanian, yaitu ekonomi yang dibangun atas dasar demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Ballroom Kirana Hotel Kartiaka Chandra, Jakarta ini diharapkan bisa membawa semangat baru pada generasi muda untuk meneruskan cita cita luhur bangsa menuju kemerdekaan yang sesungguhnya, yaitu kemerdekaan yang ditunjang oleh kedaulatan dalam berbagai sektor terutama pertanian.