Nilai Dollar Naik, Harga Alsintan Ikut Mencekik

MediaTani.com – Posisi nilai tukar dolar yang menguat menjadikan harga beberapa produk mesin dan alat pertanian kian melonjak.
Di Pekalongan misalnya, Seorang konsumen toko alat pertanian, Si’ud mengatakan ia merupakan pengusaha yang memiliki mesin-mesin penggiling padi. Dengan adanya toko yang menyediakan peralatan yang pertanian tersebut sangat membantu dirinya untuk melakukan produksi beras.
“Setiap bulan pasti saya beli peralatan ataupun sparepart di toko ini, dan keberadaan toko ini sangat penting karena ketika di pelosok atau desa bahkan kecamatan toko semacam ini tidak ada. Saya harus jauh-jauh dari kabupaten datang ke Kota Pekalongan hanya untuk membeli beberapa peralatan yang dibutuhkan,” katanya.
Selain itu, dengan adanya kenaikan nilai dolar sangat berdampak pada harga peralatan-perlatan pertanian karena kebanyakan produk-produk tersebut bahannya diimpor dari luar negeri.
“Dolar naik belum ada sebulan, tapi harga mesin-mesin pertanian sebagian sudah pada naik. Meskipun kenaikannnya tak begitu besar, namun tetap berat bagi kami para pengusaha kecil,” ungkapnya.