Obat Herbal Tradisional Untuk Sakit Gigi

Mediatani.com Tanaman obat sakit gigi jadi pilihan alternatif kebanyakan orang saat ini. Rasa nyeri yang tak tertahankan pada gigi memaksa seseorang untuk mengobati agar tidak terasa sakit lagi. Obat sakit gigi yang paling praktis pastilah obat yang dijual di warung dekat rumah atau langsung ke apotik. Akan tetapi, kini anda bisa menemukan obat herbal tradisional, tamanan obat sakit gigi. Baik untuk Gigi berlubang, gusi bengkak, gigi sensitif bahkan sakit gigi yang sudah berlangsung bertahun-tahun tidak sembuh.

Obat herbal tradisional sebenarnya sudah banyak jenisnya. Berbagai penyakit ganas seperti kanker pun ada obat tradisional nya. Disebut herbal tradisional karena yang dijadikan obat adalah tanaman, sehingga sering kita dengar istilah tanaman obat.

Tanaman obat sakit gigi juga ada, pada artikel kali ini kami akan memberitahukan bahwa tanaman ini bisa anda gunakan sebagai obat sakit gigi. Apa saja Obat Herbal Tradisional Untuk Sakit Gigi itu? Berikut ulasannya:

Baca Juga :

Tanaman Obat Sakit Gigi

1. Daun Sirih

Obat Herbal tradisional berupa daun sirih ini sering digunakan, bahkan bukan hanya sebagai obat sakit gigi. Ada banyak jenis penyakit yang sering diobati dengan daun sirih. Obat herbal daun sirih secara tradisional sering digunakan untuk obat sakit gigi dengan cara merebusnya bersama bunga cengkeh hingga mendidih. Air rebusan tersebut kemudian didinginkan dan dijadikan obat kumur.
Obat sakit gigi herbal berbahan dasar daun sirih ini bisa anda gunakan setiap hari.

2. Bawang Putih

Tanaman obat sakit gigi yang satu ini sering anda jumpai di dapur sebagai bahan bumbu dapur. Ya, Bawang putih memang adalah obat herbal tradisional. Cara memanfaatkannya adalah mencuci bawang putih dengan air hangat lalu dikunyah secara merata (ke seluruh gigi) lalu buanglah ampasnya. Karena bakteri yang melekat pada gigi akan mati dan ikut pada ampas bawang putih tadi. Cukup satu suing saja yah.

Obat sakit gigi ini bisa anda gunakan juga jika gigi masih sakit. Tumbuklah bawang putih lalu tempelkan ke gigi hingga gusi yang sakit.

3. Merica

Obat herbal tradisional untuk sakit gigi lainnya adalah merica. Merica dapat mengobati sakit gigi berlubang atau gigi sensitive. Caranya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan merica dan juga garam. Campurkan merica dan juga garam dengan takaran yang sama (1:1). Sambil terus diaduk, tambahkan sedikit air sehingga seperti membuat pasta.

Setelah terbentuk seperti pasta, gunakan campuran merica dan garam tersebut untuk ditempelkan pada gigi yang sakit. Baik pada gigi berlubang ataupun gigi sensitif, tempelkan dan biarkan dalam beberapa menit. Gunakan obat herbal tradisional untuk sakit gigi ini dan lakukan setiap hari sampai sakit gigi Anda sembuh.

4. Kunyit

Kunyit memang sangat terkenal sebagai obat herbal tradisional. Untuk pemanfaatan sebagai tanaman obat sakit gigi maka campurlah gerusan kunyit dengan minyak kayuputih secukupnya. Ratakan campuran kedua bahan tersebut dan selipkan pada gigi berlubang.

5. Getah Jarak

Tanaman jarak memang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Selain minyak buah jarak yang sekarang sedang diupayakan sebagai bahan bakar alternatif, getah dari pohon jarak ini ternyata berkhasiat mengobati sakit gigi berlubang. Caranya gampang, hanya dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang berlubang. Atau bisa juga dengan mengambil getah jarak menggunakan kapas, kemudian masukkan kapas pada gigi yang berlubang.

6. Akar Kangkung

Siapa sangka sayuran yang bisa bikin ngantuk jika dikonsumsi terlalu banyak ini bisa juga dijadikan sebagai obat untuk mengatasi sakit gigi. Caranya: Sediakan segenggam akar kangkung, 1/2 sdt cuka, direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya untuk berkumur.

Baca Juga:

Tanaman Herbal Tradisional

Selain untuk obat sakit gigi, tanaman herbal tradisional sudah banyak khasiat lainnya. Hal tersebut didorong oleh dirasaknnya manfaat tanaman herbal tradisional oleh banyak orang. Tanaman obat juga sangat dianjurkan karena struktur kimianya yang mudah terserap oleh tubuh sehingga efek samping tidak ada. Berbeda dengan obat kimia.

Apalagi untuk obat sakit gigi, harus hati-hati. Sebab di gigi dan gusi banyak saraf yang terhubung ke berbagai titik di tubuh anda. Tanaman obat sakit gigi sebaiknya menjadi pilihan prioritas anda sebelum sumber senyum manis anda rusak.

Selamat mencoba, dan semoga kita tetap diberi kesehatan dariNya.