Obati Asam Urat Dengan Tanaman Ini

MediaTani – Tanaman Obat Untuk Asam Urat sebenarnya sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Penggunaaan tanaman obat untuk mengatasi asam urat sebenarnya bukan karena tidak ada obat dari resep dokter, tetapi penggunaan tanaman sebagai obat atau saat ini dikenal dengan obat herbal sudah banyak yang meyakini khasiatnya. Hal tersebut juga didorong banyaknya penelitian mengenai kehebatan tanaman obat.

Ilustrasi titik Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang dirasakan karena tingginya kadar asam urat dalam darah yang meningkat. Dengan kata lain, Jika asam urat sudah melebihi kadar normal dan penderita merasakan sakit yang amat parah maka penyakit asam urat ini sudah memasuki tingkatan lanjut yang disebut dengan gout. Asam urat tergolong dalam penyakit yang disebabkan oleh kurang stabilnya fungsi metabolisme dalam tubuh. Asam urat yang lebih parah adalah ketika diikuti dengan penyakit ginjal lantaran tidak mampu mengeluarkan sisa asam urat yang sudah tidak terpakai dalam tubuh.
Redaksi mediatani mencoba menghimpun beberapa sumber untuk mencari jenis-jenis tanaman obat untuk menyembuhkan asam urat. Berikut hasil penelusurannya:

Apel

Obat asam urat ini berbahan apel, tapi bukan buah apelnya yang dimanfaatkan melainkan cuka apel. Saat ini bahkan sudah dijual dalam bentuk instant di pasaran. Jadi penderita asam urat pun mudah untuk memanfaatkannya. Tambahkanlah madu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Komposisi obat asam urat dari cuka apel juga sangat mudah diracik sendiri yakni dengan perbandingan Dua sendok makan cuka apel ditambah 1 sendok madu kemudian dicampur air hangat sebanyak 50 cc. Obat asam urat ini akan berkhasiat jika diminum secara rutin selama satu minggu setiap pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Sirsak

Sirsak adalah salah stu solusi tanaman-obat-asam-urat. Selain mudah ditemukan, buah sirsak juga banyak dijajakkan dengan bentuk lain seperti jus sirsak, puding sirsak, sup sirsak dan beraneka macam kuliner berbahan sirsak lainnya. Dengan demikian, pemanfaatan sirsak sebagai tanaman obat asam urat sangat mudah anda lakukan. Anda tinggal langsung mengkonsumsi sirsak secara langsung ataupun membuatnya sebagai jus atau olahan lainnya. Sirsak sebagai obat asam urat bisa dikonsumsi setiap hari.

Daun salam

Daun salam yang dikenal sebagai penambah aroma masakan ini ternyata banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat asam urat. Dari beberapa jenis ramuan tradisional jawa, daun salam adalah salah satu bahan obat asam urat. Pemanfaatan daun salam sebagai obat asam urat ialah dengan merebus tujuh lembar daun dengan dua gelas air sampai airnya surut menjadi satu gelas saja. Obat asam urat ini bisa diminum setiap hari tiap pagi dan sore.

Labu Siam

Obat asam urat ini mudah ditemukan. Itu karena Labu siam mudah ditemukan di pasar tradisional dan dikenal sebagai salah satu jenis sayuran. Cara mengolahnya untuk dijadikan tanaman obat asam urat juga tidaklah sulit. Anda cukup memarut labu siam dan kemudian menyaringnya. Air perasan atau hasil saringnya tadi anda minum secara teratur. Obat asam urat ini mudah dibuat kan, apabila dikonsumsi teratur maka tanaman obat ini sangatlah manjur mengobati asam urat. Baca Juga, Khasiat tanaman ini tidak diragukan lagi.

Tanaman Obat Asam Urat pada dasarnya sangatlah mudah untuk didapatkan. Selain untuk mengobati, tanaman-tanaman tersebut di atas adalah tanaman yang juga berkhasiat untuk mengatasi asam urat. Perlu diperhatikan untuk rutin dikonsumsi, sebab nasihat para pendahulu kita adalah lebih baik mencegah daripada mengobati. Demikian informasi mengenai tanaman obat untuk asam urat. (JI/MT)