O’Sullivan, Peternak Sapi Perah sukses tanpa latar peternakan

Mediatani.com – Irlandia. Banyak peluang besar dalam peternakan susu perah, bahkan untuk orang-orang dari semua latar belakang. Hal tersebut dituturkan Colm O’Sullivan saat berbicara pada Konferensi Positive Farmers in Co. Cork yang baru-baru ini digelar. O’Sullivan menjelaskan bagaimana ia telah memulai karir beternak susu sapi perah tanpa datang dari latar belakang peternakan.

Musim semi ini, O’Sullivan berencana untuk membeli 170 sapi perah di Kilkenny setelah memulai kemitraan pertanian pada 2015, namun ia mengakui rencananya untuk peternakan sapi perah masih belum jelas.

Sejak usia dini O’Sullivan memiliki minat di bidang pertanian dan telah terbiasa mengejar traktor yang berjalan di sekitar pinggiran desa dengan sepeda.

“Saya awalnya memilih Pertanian di Kildalton, tapi saya ketakutan pada menit-menit terakhir, karena saya merasa tidak akan ada tempat untuk bertani bagi orang yang tidak memiliki tanah.“ katanya saat diwawancara oleh media.

“Dalam perjalanan pulang dari kuliah di malam hari saya terngiang-ngiang. Pandangan saya terbuka untuk melihat semua poin.” Tambahnya.

Namun, ia mengatakan bahwa riwayat hidup yang baik akan menjadi penting jika ia menjadikan dirinya sebagai petani. Tetapi faktanya ia bukanlah dari latar belakang pertanian.

“Saya tahu bahwa saya harus mendapatkan pendidikan yang sangat baik seperti yang saya mulai dari kanvas kosong. Saya telah tiga tahun di Waterford dan saya ingin melebarkan sayap saya sedikit.” Kenangnya.

Ia pun mengungkapkan salah satu pengalaman menarik dari waktu ia di perguruan tinggi adalah pengalamannya, di mana ia hanya belajar tentang banyaknya jumlah sapi dan rumput. Tetapi pengalaman kerjanya itu memang mengubah hidupnya agar menjadi lebih baik. O’Sullivan juga mengatakan, ia pertama kali belajar nilai kerja keras dan pentingnya membangun hubungan dengan orang-orang.

“Dalam upaya saya untuk berdiri keluar dari keramaian, saya memutuskan untuk melanjutkan studi tahun terakhir saya di Inggris dengan bantuan pinjaman bank € 9.000.” kata pria yang pernah menjadi manajer peternakan trainee pada manajemen perusahaan pertanian besar di Devon setelah ia menyelesaikan gelarnya itu.

Bagi O’Sullivan, hal ini tampak seperti pekerjaan impiannya yang sangat potensial, karena mereka menawarkan kursus pelatihan praktis serta posisi manajer, pada keterampilannya seperti keuangan, peternakan, tanaman dan manajemen orang. Ia membuat banyak kesalahan, tapi ia mengambil banyak pelajaran dari tiap kesalahan tersebut dan mulai menikmati tantangan yang berada di depannya itu.

Setelah berhasil menjalankan peternakan dengan 400 ekor sapi di Devon, O’Sullivan mengatakan ia memiliki beberapa tawaran di atas meja, tetapi ia mengakui bahwa ia menghadapi dilema. Dilema memikirkan langkah berikutnya akan menjadi penting untuk pengembangan dan kemajuan dirinya.

“Untuk sukses Anda perlu untuk mendapatkan ilham besar yang benar, saya mendapat saran dari sejumlah orang tetapi pada akhir hari itu harus merasa tepat untuk diri sendiri.” sambungnya.

 

Karena hal tersebut, katanya, ia memutuskan untuk pindah ke Selandia Baru untuk memajukan karir beternak susu sapinya sendiri.

Selama periode ini, ia menghabiskan waktu beternak susu dari 730 ekor sapi di Southland sebelum pindah untuk mengelola kawanan 1.100 sapi pada areal seluas 612 hektar.

Saya bisa memasuki rincian intrinsik menjalankan bisnis susu pada skala mega. Saya melihat bahwa hubungan adalah kunci dalam bisnis dan aku merasa aku bisa menjadi bagian dari satu besar.

Namun, selalu ada kerinduan untuk pulang ke rumah untuk menjadi seorang petani susu, katanya, dan sebagai hasilnya ia kembali ke Irlandia di Juni 2015.

Dia mengakui bahwa sulit sekali untuk mengakses keuangan, tapi ia mulai dengan kemitraan dengan € 25.000, ditambah tabungan sendiri dan pinjaman tanpa jaminan dari bank.

O’Sullivan mengatakan bahwa ini hanya mungkin tejadi karena ia memiliki track record yang sangat baik dengan bank. Hal tersebut dibangun bertahun-tahun untuk membuktikan dia adalah seorang nasabah baik yang penting untuk mendapatkan pembiayaan. (www.agriland.ie)

/FDS/IKM,MAK