Pasca Terpilih, Ketua Umum Pemuda Tani HKTI Keliling Nusantara

Mediatani.com –  Munas V Pemuda Tani HKT baru saja berakhir beberapa hari yang lalu.  Akan tetapi, Ketua Umum DPP Pemuda Tani Indonesia HKTI Periode 2016 – 2021, Ir. Fary Djemy Francis sudah berencana melaksanakan programnya. Dalam waktu dekat, dirinya telah mengagendakan untuk  keliling nusantara.

Dalam keterangan resminya kepada mediatani.com, Fary Djemy Francis mengungkapkan bahwa agenda keliling nusantara ini sebagai komitmen dirinya dala mengemban amanah, sebagaimana dalam pidato pasca terpilih dalam MUNAS V Pemuda Tani Indonesia HKTI pada 7 Mei 2016 di jakarta, segera ia akan bersilahturahmi dengan seluruh DPD dan DPC pemuda Tani Indonesia HKTI di seluruh Indonesia.

Kunjungan ini dalam rangka penguatan dan mendorong konsolidasi organisasi ditingkat daerah semakin diperkuat. “Tantangan dunia pertanian dan petani kita semakin besar, olehnya itu DPD dan DPC Pemuda Tani Indonesia harus berkontribusi memajukan pertanian Indonesia,”ujarnya.

Masih menurut Fary Djemi Francis yang juga Ketua Komisi V DPR-RI menyebutkan bahwa “Komitemen Pemuda Tani Indonesia HKTI akan terus berkontribusi sesuai dengan tupoksi dan sumber daya yang dimiliki untuk membangun pertanian Indonesia, mendorong dan memfasilitasi pemuda-pemuda di seluruh daerah untuk menjadi ujung tombak penggerak pembangunan pertanian, meregenerasi Petani sebagai medan mewujudkan kedaulatan pangan”.

Dan daerah pertama yang akan di kunjungi adalah Nusa Tenggara Barat. Fary di jadwalkan akan melantik Pengurus DPD dan DPC Pemuda Tani Indonesia HKTI Se Provinsi NTB pada hari Rabu,18 Mei 2016, Pukul 19.30 di Hotel Grend Legi Mataram.

Kita berharap NTB ini bisa terus berkembang, geliat pembangunan pertanian yang sudah ada sekarang harus dipertahankan, dan saya pikir keterlibatan berbagai pihak seperti pemuda akan semakin baik bagi daerah ini.

Pemuda-pemuda di daerah ini harus di berdayakan sehingga mereka tidak mencari pekerjaan diluar, misalnya merantau kejakarta, Surabaya, bahkan bekerja keluar negri sebagai TKI. Belum lagi usia petani disemua daerah, termasuk NTB bukan usia produktif lagi, jadi harus ada regenerasi petani.

regenerasi ini harus dipastikan terakomodir, diperhatikan dan terlembagakan secara demokratis.

DPP Pemuda Tani Indonesia HKTI tentu sangat mendukung jika bersama-sama elemen lain terkhusus Pemerintah Daerah NTB mau berkolaborasi bersama DPD dan DPC Pemuda Tani Indonesia HKTI daerah NTB untuk mewujudkan kedaulatan pangan didaerah ini,”pungkasnya.