Pemerintah Bakal Guyur Pulau Jawa Dengan Hujan Buatan

MediaTani.com – Kemarau panjang akibat dampak El Nino yang melanda sentra-sentra produksi padi di Pulau Jawa mendorong pemerintah melakukan hujan buatan. Beberapa daerah menjadi titik fokus untuk dibuat hujan buatan oleh pemerintah.

Hujan buatan dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) bekerjasama dengan TNI AU, Badan Penelitian dan Pengembangan Teknologi (BPPT), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Kepala UPT Hujan Buatan BPPT Heru Widodo mengatakan, hujan buatan hari ini akan menyasar wilayah sepanjang Pulau Jawa dari titik Kota Bandung hingga Semarang.
“Daerahnya itu yang dilewatin (Bandung-Semarang). Titik pasnya salah satunya di Kebumen, tapi itu lewat banyak daerah, kalau awan bagus sebelum sampai ke tujuan kita juga bisa semai dulu,” kata Heru pada detikFinance ditemui di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (25/8/2015).
Menurut Heru, pihaknya menargetkan seluruh Pulau Jawa bisa dilakukan hujan buatan untuk meminimalkan dampak kekeringan panjang akibat El Nino tersebut. Target tersebut akan selesai hingga 90 hari ke depan karena puncak El Nino diperkirakan akan terjadi pada September nanti.
“Titik-titiknya belum. Wilayah mana saja yang nanti akan dilakukan hujan buatan masih menunggu rapat. Frekuesi hujan buatan juga melihat kondisi awan,” katanya.
Sementara untuk pendanaan, lanjut Heru, semua dialokasikan oleh dana siaga bencana alokasi BNPB. “Jumlah dana setiap satu hujan buatan belum kita hitung. Kan ada alokasi untuk bahan bakar, bahan semai, dan personel. Tapi dana dari BNPB semua, kita hanya pelaksana,” jelas Heru.
Untuk hujan buatan kali ini, TNI AU mengerahkan 1 pesawat angkut CN-295 yang bakal membawa 2,8 ton garam yang disebar di ketinggian di atas 10.000 meter.