Pemerintah Sediakan Lahan Pertanian Untuk Korban Sinabung

Mensos, Khofifah Indar Parawansa – (arrahmah.com)

MediaTani –Kabar menggembirakan bagi pengungsi Gunung Sinabung. Pemerintah akan segera menyediakan lahan pertanian bagi para pengungsi Gunung Sinabung yang direlokasi ke permukiman baru.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa usai mengunjungi pengungsi Gunung Sinabung yang berhasil direlokasi dan mendapatkan rumah baru di Desa Siosar, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu 15 Maret 2015.

“Saya sudah menelefon Ibu Menteri LHK (Siti Nurbaya Bakar) agar menjadi prioritas pembangunan nasional bagi bapak dan ibu yang akan menempati desa ini untuk mendapatkan lahan untuk berladang,” ujar Khofifah.

Menteri Khofifah mengakui bahwa dirinya telah mendapatkan laporan dari Bupati Karo Terkelin Brahmana bila di sanan terdapat lahan seluas 416 ha yang telah disiapkan untuk membangun hunian tetap seluas 376 ha. Sementara selebihnya lahan akan disiapkan untuk dimanfaatkan sebagai ladang bagi masyarakat yang direlokasi agar bisa bercocok tanam.

“Ada lahan 416 hektare, nah kita sudah berkoordinasi untuk menyisakan 30 hektare untuk ladang bagi masyarakat yang bisa cocok tanam,” jelas Khofifah.

Selain untuk lahan pertanian, Menteri Khofifah juga berencana akan memberikan bantuan berupa hewan ternak. Untuk menunjangnya, masyarakat yang akan menerima akan diberi pelatihan keterampilan terlebih dahulu.

“Ternak sebagian akan diberikan dari Kemensos, yang akan saya koordinasikan kepada Sekda dan Kepala Dinas untuk mendata berapa orang yang akan diberikan keterampilan, seperti dikasih sapi kan harus bisa merawatnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kunjungannya kali ini, Khofifah meresmikan 53 rumah yang telah siap dihuni oleh pengungsi yang berasal dari Desa Bekerah yang lokasinya tepat dibawah kaki Gunung Sinabung. Dalam acara tersebut, Khofifah yang juga merupakan Menteri Pemberdayaan Perempuan era Presiden Abdurrahman Wahid itu memberikan bantuan perkakas rumah tangga kepada para pengungsi. (ful/OZ/MS)