Pemerintah Sydney Sediakan Kebun Pertanian Dalam Kota

MediaTani -Dewan kota Sydney sepakat untuk membuat kebun pertanian di dalam kota. Kebun ini diharapkan dapat menjadi alat pendidikan bagi siswa sekolah dan sumber makanan bagi masyarakat.

gambar ilustrasi

Pengerjaan untuk membuat kebun pertanian di tengah kota rencananya akan dimulai tahun di taman ‘Sydney Park’.

Joel Johnson, dari urusan perkebunan dan kenyamanan kota Sydney, menegaskan
tujuannya agar membangun pertanian yang mandiri, menghasilkan produk buah-buahan dan sayuran yang melimpah bagi masyarakat lokal.

“Kami sangat berharap untuk mengajar sejumlah sekolah setempat tentang pertanian dan produksi pangan juga beberapa ilmu peternakan, seperti tentang ayam dan hewan kecil lainnya,” katanya. “Kedepannya, kami ingin memperkenalkan hewan besar seperti babi atau sapi.”

“Saya pikir itu akan menjadi tempat yang bagus untuk anak-anak sekolah, khususnya SD dari seluruh kota Sydney untuk bisa datang dan melihat-lihat, meski dalam skala kecil,” ujarnya.

“Pemkab Muba (Musi Banyuasin) sangat mendukung program swasembada pangan dan ketahanan pangan nasional, dan tetap konsisten melaksanakan pembangunan pertanian secara luas, sebagai motor ekonomi kerakyatan melalui peningkatan produksi pangan khususnya padi atau beras,” katanya.

Pemkab Musi Banyuasin telah memberikan bantuan kepada kelompok tani berupa 59 unit traktor tangan dan 14 unit pompa air dalam rangka meningkatkan produksi padi petani.

Bupati Musi Banyuasin juga menginstruksikan agar lahan pangan yang ada dan produktif untuk tidak dialihfungsikan ke komoditi non pangan sesuai dengan Undang-Undang No. 41 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Sumber : Jpnn.com