Peneliti Inggris Temukan Tanaman Tahan Bomb TNT

MediaTani.com – Peneliti biologi Universitas York, Inggris, mengumumkan telah berhasil menemukan tanaman yang ‘tahan’ terhadap serangan bom.
Peneliti mengatakan, tanaman rekayasa tersebut bisa menetralisir racun seperti Trinitrotoluene (TNT) yang ditemukan dalam ledakan.
Dikutip dari Daily Mail, Senin 7 September 2015, racun yang dirilis dari TNT berdampak signifikan bagi pertumbuhan tanaman. Selain itu, racun dari paparan ledakan ini juga menurunkan kualitas tanah dan berakibat pada pertumbuhan tanaman. Parahnya, deposit TNT bisa merembes ke akar tanaman.
Untuk menanggulangi dampak lingkungan tersebut, dalam studinya, peneliti Centre for Novel Agricultural Products (CNAP) dari Departemen Biologi Universitas York menemukan enzim kunci tanaman, MDHAR6, yang bereaksi dengan TNT. Kombinasi ini menghasilkan super oksida reaktif yang merusak sel tanaman.
Peneliti membongkar mekanisme racun TNT dalam tanaman dan meningkatkan kemungkinan pendekatan baru yang disebut dengan ‘teknologi perbaikan ledakan’.
Guna melawan racun tersebut, peneliti memanfaatkan tanaman mutan yang dipakai untuk menyerang enzim racun tersebut.
Dengan menargetkan enzim tersebut pada tanaman khusus yang relevan, memungkinkan untuk memproduksi tanaman yang resisten terhadap TNT.
Dengan demikian, tetap menyuburkan tanah dan menghapus racun bahan peledak di lokasi yang terkontaminasi. Maka, tanaman akan terlindungi dari stres, serta lebih memiliki peningkatan kemampuan untuk melawan TNT.
“Ada banyak kepentingan dalam mekanisme menghilangkah bahan kimia dari biosfer dan, karena skala polusi bahan peledak, terutama karena pelatihan militer, perbaikan tanah, dan air yang tercemar sebagai akibat aktivitas militer.” ujar Neil Bruce, salah satu peneliti.
Dengan tanaman mutan itu, peneliti yakin wilayah yang dulunya menjadi medan pelatihan militer yang disertai ledakan akan bisa dipulihkan dari bahan pencemar. Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Science. (asp)