Pengertian Tanaman Hias

MediaTani.com – Tanaman Hias adalah tanaman yang sering jumpai di pekarangan rumah dan paling disukai oleh ibu-ibu, karena tanaman ini mempunyai nilai estetika yang cukup tinggi dan memiliki nilai lebih dari tanaman lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah definisi tanaman hias serta fungsinya.

Pengertian Tanaman Hias dan Manfaatnya – Tanaman Hias ( Ornamental plant ) merupakan tanaman bunga-bungaan yang menghasilkan bunga secara generatif maupun vegetatif . Seiring dengan perkembangan jaman tanaman hias ini juga diartikan sebagai salah satu jenis tanaman yang memiliki bunga, tangkai, cabang, daun, akar dan aroma yang sangat menarik dan indah serta memiliki kesan seni berkualitas.

tanaman hias

Tanaman hias memiliki banyak variasi dan juga beragam jenis, baik secara lokal maupun non lokal. Tanaman ini memiliki nilai yang tinggi, dan juga memiliki daya tumbuh yang baik. Sehingga para petani tanaman hias sangat mudah untuk membudidayakannya.

Beberapa manfaat tanaman hias

Tanaman hias dapat anda jadikan sebagai pengusir serangga terutama nyamuk, adapun beberapa tanaman hias yang dapat anda pilih sebagai pengusir nyamuk antara lain :

1. Lavender
Bunga lavender memiliki kandungan linalool dan lynalyl acetat yang membuatnya tidak disukai oleh nyamuk.

2. Zodia
Tanaman Zodia mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine yang membuatnya nyamuk tidak mau mendekat

3. Tapak dara
Tanaman tapak dara, tanaman ini mengandung zat yang disebut geraniol dan sitroneol yang ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk.

4. Rosemary
Tanaman ini baunya mirip dengan minyak telon yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman ini dapat anda tanam diluar rumah karena mampu tumbuh subur dibawah sinar matahari.

5. Serai
Serai memiliki kandungan zat geraniol dan sitroneal ehingga banyak digunakan untuk mengusir nyamuk. Saat ini tanaman ini juga banyak digunakan sebagai lotion pengusir nyamuk.

6. Citrosa Mosquito
Citrosa Mosquito berasal dari Belanda, dengan aroma lemon yang kuat sehingga serangga tidak menyukai akan baunya.

7. Marigold flower
Bunga dari tanaman ini sangat tidak sedap yang membuat nyamuk bahkan cewekpun tidak mau mendekat saat anda mengolestakn tanaman ini ketubuh anda.

8. Akar Wangi
Tanaman akar wangi memiliki bau yang kuat dan menyengat sehingga tidak disukai oleh nyamuk dan bahkan mampu ekstrak tanaman ini mampu membunuh nyamuk Aedes Aegypti.

Selain beberapa tanaman hias sebagai pengusir nyamuk terdapat tanaman hias yang dapat anda gunakan sebagai sayur contohnya tomat dan cabe. Tanaman tomat dapat mempercantik taman anda karena buahnya yang merah menarik sehingga akan semakin memperindah taman anda, begitu juga dengan buah cabelombok, merah hijau dari tanaman ini akan menambah suasana asri.

Selain keindahan, tanaman hias sayuran akan memberikan manfaat bagi anda karena anda tidak perlu berbelanja di pasar karena telah memiliki sayuran dirumah anda. Beberapa buah juga sering dijadikan pilihan sebagai tanaman hias, beberapa buah yang sering di jadikan sebagai tanaman hias diantaranya adalah : Jambu air, Sawo, kedondong, jambu biji, mangga dan masih banyak lagi jenis tanaman buah lainnya yang sering dijadikan sebagai tanaman hias untuk menghias taman rumah.

Beberapa jenis tanaman hias lainnya bermanfaat untuk penyejuk dan pembersih udara. Terdaat berbagai jenis tanaman hias yang dapat anda pilih tergantung dari keinginan anda namun yang jelas untuk pertama yang biasanya dijadikan patokan tanaman hias adalah keindahan.