Perbanyakan Umbi Kentang

Umbi merupakan satu organ dari tumbuhan yang merupakan modifikasi dari organ lain dan berfungsi sebagai penyimpan zat tertentu (umumnya karbohidrat). Umbi batang mampu memunculkan tunas maupun akar, sehingga kerap kali dijadikan bahan perbanyakan vegetatif. Umbi batang yang tumbuh di bawah permukaan tanah, membesar, dan mengandung banyak pati disebut sebagai tuber.

Perbanyakan Umbi Kentang

Perbanyakan benih kentang dapat dilakukan dengan berbagai metode antara lain seleksi klonal atu benih induk, perbanyakan benih dari biji atau true potato seed, perbanyakan benih melalui kultur jaringan dan perbanyakan benih secara cepat dengan menggunakan setek (setek batang, setek buku tunggal, setek tunas daun dan setek tunas umbi).

Perbanyakan umbi dengan setek tunas umbi adalah bahan perbanyakan tanaman yang berupa tunas yang berasal dari umbi. Setek ini tersusun oleh bagian tanaman yang minimal memiliki satu helai daun dan dua primordia akar. Cara ini merupakan salah satu teknik perbanyakan bibit secara cepat karena satu umbi kentang mampu menghasilkan antara 80 – 150 setek.

Perbanyakan secara vegetatif dengan umbi diusahakan agar tumbuh tunas yang berkembang maksimal. Ujung tunas yang telah tumbuh sekitar 2 – 3 cm dipotong untuk merangsang pertumbuhan cabang tunas baru untuk perbanyakan bibit secara cepat.