Perluasan Lahan Pertanian Akan Dilakukan Di Luar Jawa

MediaTani – Presiden Joko Widodo menggelar rapat bersama beberapa menteri dan pengusaha. Dalam rapat yang membahas soal pertanian itu, Jokowi bertekad mempeluas wilayah pertanian dan perkebunan, khususnya di luar pulau Jawa.

Rapat digelar di Kantor Presiden, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (8/4/2015) sekitar pukul 14.30 WIB. Dalam rapat itu hadir beberapa menteri yaitu Menteri ESDM Rini M Soemarno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto dan Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan.

“Rapat kali ini berkaitan dengan pertanian dan perkebunan. Pemerintah ingin meningkatkan kesejahteraan rakyat, terutama petani, baik di kebun maupun di pertanian. Oleh sebab itu pemerintah juga telah mempersiapkan perluasan lahan yang sangat besar yang akan diberikan kepada petani, terutama di luar Jawa,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Untuk mewujudkan itu, lanjut Jokowi, dirinya ingin mendapatkan masukan, khususnya dari para pengusaha. Selain itu, Jokowi juga ingin agar produk hasil tani dan kebun itu bisa menjadi unggulan dan menembus pasar internasional.

“Oleh sebab itu saya ingin mendapatkan masukan, karena inti dan plasma itu sangat penting, terutama untuk pengusaha yang sore ini hadir. Saya minta untuk produk yang berkaitan dengan pertanian dan perkebuan yang berorientasi ekspor, saya ingin dapat masukan agar komoditas yang ada ini orientasinya diarahkan kepada ekspor. Dan kedua, bahan mentah diarahkan kepada barang jadi atau setengah jadi,” jelas Jokowi.

(ND/jor/bar)