Pertanian Indonesia Siap Hadapi Pasar Bebas

Mediatani.com – Dalam lawatannya ke Amerika Serikat (AS) pada 25-28 Oktober 2015 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan minat Indonesia untuk bergabung dalam perdagangan bebas Trans Pacific Partnership (TPP). Selain TPP, mulai 1 Januari 2016 nanti Indonesia juga memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman optimistis sektor pertanian Indonesia mampu bersaing dalam kedua kesepakatan perdagangan bebas regional tersebut.

“Kita harus siap, harus optimis. Kita ini negara besar, tanahnya subur, melimpah sumber daya alamnya,” kata Amran saat makan siang di Kementerian Pertanianan, Jakarta, ‎Senin (2/11/2015).

‎Pihaknya mengaku telah mempersiapkan dengan baik sektor pertanian supaya dapat bersaing di Asia Tenggara maupun Asia Pasifik. Dengan perbaikan jaringan irigasi, penambahan alat mesin pertanian (alsintan), perbaikan dalam pasca panen, hilirisasi pertanian, dan perbaikan tata niaga maka produk-produk pertanian Indonesia sudah semakin efisien dan berdaya saing.

“Kita sudah persiapkan dari awal, 1 tahun pemerintahan ini faktor kunci produksi sudah kita persiapkan.‎ Irigasi, alsintan, pasca panen, hilirisasi, tata niaga kita sempurnakan,” ucapnya.

‎Kata Amran, persiapan yang dilakukannya sudah membuahkan hasil. Dia menyebut ekspor bawang merah, kacang hijau, telur ayam, dan beras organik yang telah dilakukan Indonesia sebagai bukti kesiapan sektor pertanian Indonesia menghadapi perdagangan bebas.

“Harus siap, harus optimis. Sekarang kita sudah ekspor bawang merah, kacang hijau, telur ayam, beras organik. Ini menunjukkan ada peningkatan produksi dan produktivitas,” tutupnya.

(hen/df)


  • Semoga dengan adanya sikap seperti ini, petani dan pengolah pertanian indonesia kembali mempunyai semangat untuk lebih maju