Pertanian Jepang Bakal Dikerjakan Oleh Robot

Mediatani.com, Jepang – Modernisasi pertanian jepang semakin melesat. Setelah sempat menghebohkan dunia dengan pengembangan pertanian dalam gedung kini Jepang tengah menambahkannya dengan inovasi terbaru, Robot pertanian.

Pertanian indoor yang sebelumnya masih melibatkan sentuhan tangan manusia dalam perawatan tanaman, kini dikembangkan dengan menggunakan robot. pertanian otomatis pertama di dunia dengan robot yang menangani hampir setiap langkah dari penyiraman bibit hingga memanen.

Sebagaimana dilansir TheDailyJapan.com (4/4/2016), Robot tersebut kini tengah dibangun dan dirancang oleh salah satu perusahaan Jepang yang berbasis di Kyoto. Robot pertanian yang bekerja di dalam ruangan ini rencananya akan mulai beroperasi pada pertengahan 2017.

Perusahaan tersebut juga sudah menargetkan lahan pertanian di dalam ruangan itu akan menghasilkan 30.000 selada sehari dan nantinya berharap akan menyentuh angka setengah juta selada setiap hari dalam lima tahun. Lahan Pertanian berukuran sekitar 4.400 meter persegi (47,300 kaki persegi), akan memiliki rak-rak lantai.

“Benih tananaman masih dapat dilakukan oleh manusia. Tetapi seluruh proses, termasuk panen, akan dilakukan oleh robot,” jelas pimpinan perusahaan, Koji Morisada.

Menurutnya dengan , memakai tenaga robot buruh akan memotong biaya hingga setengah beban operasional.