Petani Akan Dapat Kepastian Harga dari Program SRG dan PLK

Mediatani.com – Pemerintah bernecana mengembangkan Sistem Resi Gudang (SRG) dan Pasar Lelang Komoditi (PLK). Hal tersebut dilakukan sebagai langkah menumbuhkan perekonomian di kalangan masyarakat kecil utamanya petani.

Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan, Bachrul Chairi mengungkapkan bahwa, pengembangan Sistem Resi Gudang (SRG) dan Pasar Lelang Komoditi (PLK) merupakan salah satu fokus Kementerian Perdagangan di sepanjang tahun ini.

“Hal ini karena SRG dan pasar lelang itu sesuai dengan visinya Bapak Presiden yaitu membangun mulai dari pinggiran yang terkait langsung dengan para petani,” kata Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan, Bachrul Chairi dalam keterangannya, Jakarta, Senin (18/7/2016).

Menurut Bachrul, petani harus memperoleh penghasilan yang lebih baik atau meningkat pendapatannya melalui SRG ini.

“Melalui SRG petani akan memperoleh penghasilan yang lebih baik atau meningkat pendapatan. Begitu juga dengan pasar lelang agar petani memperoleh kepastian harga terbaik bagi komoditas hasil panen mereka,” sambungnya.

Dirinya mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi juga secara langsung telah meminta gubernur dan bupati di seluruh Indonesia agar ikut mengembangkan SRG di daerahnya masing-masing.

“Makanya sesuai arahan Presiden tersebut, Kemendag sedang mempersiapkan sebuah pertemuan besar skala nasional mengenai SRG ini. Rencananya nanti bulan September kita akan mengadakan pertemuan berskala nasional mengenai SRG ini, katanya.

Halaman Selanjutnya