Petani Basmi Hama Dengan Bantuan Drone

Mediatani.com – Memanfaatkan kecanggihan teknologi ternyata berdampak baik juga bagi sektor pertanian. Lirik saja petani buah leci asal Queensland, Australia, Craig Van Rooyen. Rooyen begitu ia kerap disapa, memanfaatkan drone untuk membasmi hama seperti hewan jenis burung dan kelelawar.

Sebelumnya Rooyen sudah mencoba sejumlah cara untuk mengontrol hama seperti penggunaan suara nyaring, termasuk pengawasan dengan senjata api, tapi tidak ada yang sepenuhnya efektif. Sebagaimana dilansir pada laman liputan6.com, drone tersebut nantinya akan terbang ke arah hewan-hewan tersebut untuk menakuti dan mengusir mereka dari tanaman.

“Aku pikir seandainya ada yang bisa melakukan tugas pembasmi hama di saat saya mengurusi karyawan, maka rasanya akan sempurna. Aku rasa penggunaan drone akan cocok untuk permasalahanku, tapi harus dilakukan secara otomatis,” terang Rooyen.

Menurut Rooyen, pasar ekspor buah leci seperti China dan Amerika Serikat memiliki peluang yang sangat besar. Tapi, dampak keberadaan hama burung dan kelelawar menyebabkan para petani hanya bisa mengawasi lahan yang lebih sedikit.

“Saat ini aku hanya bisa menjaga sejumlah lahan tertentu saja, tetapi jika nantinya ada drone yang bisa membantuku, maka jumlah lahan yang bisa dimonitor lebih luas lagi,” ujarnya.

Rooyen berharap, dengan adanya drone pengusir hama tersebut akan dapat meningkatkan hasil produksi pertaniannya.