Petani Binaan Mercy USA Panen Padi 9,6 Ton/Ha

Mediatani.com – Para petani binaan lembaga Mercy USA mampu meningkatkan hasil panen padi, dengan perolehan 9,6 ton/ ha dari program swasembada pangan di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Hasil panen rata-rata 9,6 ton/ha tersebut dihasilkan gabungan kelompok tani di Langkat, dari lahan seluas 25 hektare, dengan menggunakan padi varietas Mekongga.

Panen padi perdana dari program itu dilakukan di Kelurahan Bela Rakyat, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Selasa (20/10/2015), dihasilkan gabah kering panen (GKP) sebanyak 9,6 ton/hektare. Ini hasil paling besar yang diperoleh petani di sana, setelah sebelumnya hanya bisa mencapai 7,5 ton/hektare untuk varietas yang sama.

“Ini dikerjakan oleh Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) di Langkat, terdiri dari empat kelompok tani dengan satu kelompok terdiri dari 35 sampai 40 orang. Ini panen perdana varietas Mekongga, sebentar lagi varietas Ciherang,” kata Director Mercy USA Naser.

Naser menjelaskan, di Sumatera Utara, pihaknya telah menyakurkan bantuan senilai Rp 3 miliar dalam bentuk bibit, pestisida dan inseptisida, pupuk, dan alat-alat pertanian. Daerah yang telah diberikan bantuan meliputi Kabupaten Batubara dan Kota Binjai masing-masing di sektor peternakan sapi. Sementara untuk Kabupaten Langkat dan Deliserdang di sector pertanian tanaman pangan seperti padi dan jagung.

Mereka melihat prospek pertanian tanaman pangan di Sumatera Utara sangat besar, apalagi jika memanfaatkan lahan tidur dan sela-sela tanaman sawit.

Sementara koordinator kelompok tani M Ali mengatakan, biasanya mereka panen padi hanya sebanyak 7,5 ton/ha, itu juga jika didukung cuaca yang baik.

“Tapi ini pertama kalinya panen terbesar dengan hasil memuaskan, mencapai 9,6 ton/ha,” ucapnya.