Petani Di Thailand Panggil Hujan Dibantu Doraemon

Petani Bangkok Menggunakan Boneka Doraemon Untuk Memanggil Hujan (Source: The Bangkok Post)
MediaTani – Tiap wilayah memiliki caranya sendiri untuk ritual pemanggilan hujan. Ada yang menggunakan dukun, ada yang menggunakn pawang, ada juga melaksanakan salat. Di Thailand, para petani Thailand menggunakan boneka Doraemon untuk memanggil hujan. Terlihat unik dan lucu, bukan?

Seperti dilaporkan oleh The Bangkok Post, alih-alih menggunakan orang pintar, dukun atau pawang hujan, para petani yang berada di distrik Wang Luang itu mengarak boneka-boneka berwarna biru lucu dalam rituan tersebut. Ritual ini dilakukan lantaran kemarau panjang yang melanda distrik tersebut.
“Penduduk desa sepakat untuk melaksanakan ritual tradisional ini (menggunakan boneka Doraemon),” ujar Rattakarn Jantanu, Kepala Distrik Wang Luang.
Awalnya mereka hendak menggunakan kucing hitam sebagai media pemanggilannya. Namun, tambah Jantanu, mereka khawatir jika menggunakan kucing hitam akan muncul kritikan bahwa telah terjadi penganiayaan hewan. Akhirnya, setelah tidak dapat menemukan boneka kucing yang layak, Doraemon, yang merupakan karakter robot kucing populer dalam film animasi Jepang, menjadi pilihan.
Dalam prosesnya, wargameletakkan boneka Doraemon di dalam sebuah kandang yang terbuat dari kayu. Di dinding kandang sebelah luar, gambar robot kucing itu kemudian ditempelkan. Selanjutnya, warga desa kemudian mengarak Doraemon untuk mengelilingi desa sambil berdoa meminta hujan.
Tapi sayang, prosesi meminta hujan menggunakan boneka Doraemon itu belum berhasil mendatangkan setetes pun air hujan. “Meskipun ritual belum berhasil, warga tetap bahagia dan mereka merasa lebih nyaman,” tutur Jantanu.