Petani Prancis Boikot Produk Pertanian Jerman dan Spanyol

MediaTani.comPetani Prancis yang berada di Alasce memblokir enam rute jalur jalan tol dari arah Jerman dan Spanyol. Tindakan itu dilakukan sebagai wujud protes mereka menghentikan pasokan barang asing, terutama produk pertanian ke Prancis. Mereka memblokir truk-truk bermuatan produk pertanian dengan traktor memprotes rendahnya harga produk pertanian dalam negeri.
Komoditas asing, menurut para petani, telah membuat mereka bangkrut karena produknya dibandrol dengan harga murah.
Para petani menghadang dan menghentikan truk-truk muatan yang melintasi Rhine. Sekitar 10 traktor yang biasa menggilas lahan dan ladang dipindahkan ke tengah jalan untuk membendung truk-truk tersebut.
Aksi itu diikuti sekitar 1.000 petani. Mereka tak akan membiarkan truk-truk bermuatan melintas begitu saja. Akibatnya, kendaraan di jalur tol itu tersumbat hingga empat kilometer.
“Selusin truk terpaksa harus kembali ke perbatasan sejak aksi dimulai pada Ahad malam sekitar pukul 20.00,” kata pejabat serikat setempat, seperti dikutip BBC News, Minggu (26/7/2015).
Namun, terdapat juga truk Spanyol dan Jerman yang dibongkar paksa oleh para petani. Truk-truk itu membawa pasokan wortel dan daging.(ROL)