Popmasepi Akan Gelar Mukernas XIII Di Yogyakarta

Mediatani.com – Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia (Popmasepi) akan menggelar Musyawarah kerja Nasional (Mukernas) XIII. Kegiatan tersebut sedianya akan diselenggarakan di kota pelajar, Yogyakarta, 14 – 17 Januari 2016 mendatang.

“Setelah Ketua umum terpilih, kami melaksanakan Mukernas untuk membahas program strategis dari Popmasepi selama satu periode ke depan. Mukernas kali ini akan diselenggarakan di Yogyakarta” Terang Ketua umum DPP Popmasepi, M. Ikhsan Azis kepada Mediatani, Senin, 11/1/2016.

Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (HIMSEP) Fakultas Pertanian Instiper Yogyakarta sebagai penyelenggara kegiatan Mukernas XIII kali ini. Sedianya, Mukernas XIII Popmasepi ini akan dirangkaikan dengan kegiatan Talkshow Popmasepi, Seminar Nasional dengan tema ” Persiapan Perkebunan Kelapa Sawit Menghadapi MEA” serta Field Trip.

“Di seminar kita dapat memberikan masukan ke pemerintah terhadap tema kegiatan, serta masing-masing wilayah di popmasepi membawa permasalahan dan mendapatkan solusinya” Ungkap Ikhsan.

Mahasiswa jurusan agribisnis Unhas Makassar ini mengungkapkan seminar nasional popmasepi akan dihadiri oleh beberapa tokoh pertanian nasional sebagai pembicara diantaranya Ir. H. E Herman Khaeron, M.Si Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari pihak akademisi Dr. Ir. Purwadi, MS Rektor Instiper Yogyakarta dan dari pihak praktisi Dr. H. Boyke Setiawan Soerattin, SP sebagai Pengurus BPP PISPI ( Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia ) dan Joko Supriyoni sebagai Ketua Umum GAPKI ( Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) serta hadir pula memberikan keynote speech dari pihak Kepala Badan Penyuludan dan Pengenbangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) bapak Ir. Pending Dadih Permana, M.Ec, Dev.

Ikhsan melanjutkan, kegitan juga dilanjutkan diskusi internal Popmasepi membahas permasalahan yang ada di setiap DPW kemudian dilanjutkan dengan Talkshow Popmasepi yang menghadirkan Ketua Umum pertama Popmasepi Dr. Jangkung Handoyo Mulyo, SP, M.Ec dan Ketua Umum kedua Dr. Hatta Jamil, SP, M.Si serta Ketua Umum Popmasepi terpilih periode 2015-2017 Muhammad Ikhsan Aziz. Demisioner Ketua Umum Popmasepi Ahmad Jazilil Mustopa dan Ketua MPA terpilih periode 2015-2017 Supriyatna.

Ikhsan mengungkap kegiatan Mukernas akan berlangsung dengan dismbut antusias oleh anggota Popmasepi di seluruh Indonesia.

“Tadi kami baru saja rapat terakhir. Sudah ada 175 orang berasal dari 35 Institusi anggota Popmasepi yang bersedia hadir. Semua sudah dipersiapkan Panitia. Tinggal implementasi di lapangan dan melihat kondisi di lapangan.” Ungkap ikhsan.

Peserta Mukernas akan disuguhkan wisata alam bersama di Yogyakarta. “Setelah membahas Program Kerja POPMASEPI selama dua tahun kedepan dan setelah itu ditutup dengan fieldtrip untuk memperkenalkan suasana serta tempat wisata yang ada di Yogyakarta.” Tutup Ikhsan.

/IA