Program Kesejahteraan Petani Harus Digalakkan

Mediatani.com – Pangan merupakan kebutuhan pokok manusia, yakni beras, ikan, buah-buahan dan lainnya. Dengan demikian, melihat kerawan pangan potensi Indonesia. Perlu menggalakkan program yang mensejahterahkan pertanian.

Karenanya, mendorong produktivitas pertanian tidak cukup untuk menjaga ketahanan pangan. Petani sejahtera dapat menjaga stabilitas pangan.

Hal itu diutarakan Ketua Koalisi Raktyat untuk Ketahanan Pangan (KRKP) Indonesia , Said Abdullah saat dialog kebijakan ketahanan pangan dalam rangka memperingati hari pangan sedunia yang diselenggarakan di hotel Sahid Jaya Makassar, 22 Oktober.

Menurutnya, menjaga ketahanan pangan bukan hanya mendorong produktivitas petani. Akan tetapi kesejahteraan petani perlu diprioritaskan. ‘ Dilihat kondisi Indonesia saat ini. Masyarakat miskin indonesia adalah petani. Harusnya kesejahteraan petani diprioriraskan dengan membuat program yang mensejahterahkan petani. Dengan begitu, ketahanan pangan akan terjaga,” katanya.

Selain itu, penganekaragaman konsumsi pangan perlu digalakkan. Melihat kondisi suplai nutrisi masyarakat Indonesia makin menurun. “Karena masyarakat saat ini berpikir yang penting perut sudah terisi. Selain itu, keterpenuhan pangan bukan hanya sekadar ketersediaan. Karena untuk memenuhi panfan dibutuhkan akses dan kemampuan daya beli masyarakat,” tandasnya. (rif)