Pungutan Liar Rasuki Distribusi Pangan

MediaTani – Persoalan pungutan liar (pungli) seolah tak pernah hilang dari layanan publik. Termasuk dalam layanan transportasi angkutan pangan pada musim mudik lebaran.

Kondisi tersebut mendapat perhatian dari Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin. Ia mendesak agar instansi terkait menertibkan pelaku pungli yang mengintai distribusi pangan.

“Komisi IV yang bermitra dengan pemerintah di bidang pangan akan selalu terikat pada permasalahan distribusi pangan yang hingga saat ini masih perlu banyak perbaikan,” kata Andi, Senin (22/6/2015).

Dia menyambut baik koordinasi Menteri Pertanian dengan Menteri Perhubungan yang mulai bergerak untuk mengusahakan pengurangan antrean moda transportasi darat dan laut yang mengangkut bahan pangan.

“Saya melihat hubungan antar menteri pada pemerintahan sekarang mulai sedikit ada perbaikan. Masing-masing lembaga tinggi setingkat kementerian memang seharusnya tidak memiliki ego sektoral yang menjadi sumber penghambat arus birokrasi yang ada,” ucap Andi.

Penyelesaian masalah distribusi pangan pada jangka panjang, menurut Andi Akmal, setidaknya harus melibatkan lima kementerian dan satu menteri koordinator. “Yani, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, sertaKementerian Pertanian dan Kementerian Pekerjaan Umum. Semua kementerian itu tergabung pada rapat koordinasi terbatas bidang pangan yang dipimpin menteri koordinator bidang perekonomian,” tuturnya.
(abp/pikiran rakyat)