Pupuk Bersubsidi Menuai Masalah Di Jambi

Mediatani.com – Kepala dinas pertanian Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi, Azhari menggatakan dari 103 desa yang menerima banyuan pupuk subsidi ada tiga desa yang bermasalah. Hingga saat uni dinas pertanian dan pihak terkait sedang mengusut dugaan penyelewengan.

“Tiga desa dari 103 penerima pupuk subsidi bermasalah. Desa Koto Tuo Ujung Pasir, Desa Talang Kemulun dan satu lagi di Setinjau Laut,” jelas Azhari (15/2).

Dirinya menerangkan pupuk subsidi tersebut memang sudah didistribusikan dan disimpan oleh ketua kelompok tani di desa Danau Kerinci dan Sitinjau Laut. Ia mengatakan persoalan pupuk sudah diserahkan bawahannya untuk mengecek dan menindaklanjuti bersama babinsa dan koramil. “setelah dilakukan pengecekkan ternyata pupuk masih disimpan dirumah ketua kelompok,” ungkapnya

Ia katakan disimpan di rumah ketua kelompok tani karena belum masuk musim tanam, kemungkinan lain dikerenakan musim tanam sawah di Kerinci kan berbeda.

Menanggapi soal dugaan pupuk yang sudah dijual kelompok tani, Ia minta peran penyuluh di lapangan agar bisa dimaksimalkan karena sesuai tugas mendampingi petani.

“Saya sudah minta pada penyuluh untuk mendampingi petani dan membantu petani dalam merencanakan musim tanam termasuk membantu membuatkan surat bantuan untuk pupuk,” katanya.