Ribuan Tanaman Hias Milik Pemerintah Dicuri

Mediatani.com – Dalam tahun ini, sudah seribu polibag tanaman hias penghijauan yang telah ditanam di pedestrian maupun median jalan di jalur hijau di Ibu Kota Kabupaten Rokan Hulu, Pasirpengaraian, serta jalan lingkar Km 4 dan menuju Bandara Tuanku Tambusai di Dusun Okak, Desa Rambah Samo Barat, Kecamatan Rambah Samo dicuri oleh orang tak dikenal (OTK).

Tanaman hijau yang tumbuh berkembang dan telah dilakukan pemeliharaan, perawatan oleh Dinas TRCK Rohul itu, merupakan tanaman hias yang diminati oleh masyarakat seperti jenis Melati Mini, Brokoli, Spageti, Ararea, Pandan Afrika, Baliangin Parigata dan jenis tanaman lainnya.

Sementara pohon pelindung yang dijalur hijau boleh dikatakan jarang hilang atau dicuri.’’Luar biasa, pada tahun ini ada ribuan polibek tanaman hias untuk penghijauan yang telah kita tanam di median jalan, pedestrian, Taman Kota Pasirpengaraian, jalan menuju Bandara dan Jalan Lingkar Km 4 Pasirpengaraian dicuri OTK.’’ungkap Kepala Dinas TRCK Rohul Bisman B MM melalui Kasi Pertamanan Elfizon, Ahad, (8/11) di Pasirpengaraian.

Diakuinya, tanaman yang dicuri itu, merupakan jenis tanaman yang diminati masyarakat. Bahkan, selain mencuri tanaman yang telah ditanam, di lapangan OTK merusak dan mematahkan tanaman hijau.

Menurutnya, ruang terbuka hijau yang telah diprogramkan pemkab ini, harus mendapat dukungan dari seluruh komponen masyarakat, agar secara bersama-sama menjaga dan merawat tanaman yang telah diprogramkan.

Karena, tanaman penghijauan yang ditanam itu dibeli dari dana APBD Rohul yang notabone uang rakyat.’’Tentunya sangat disayangkan, pencurian tanaman hias oleh OTK.Sulit juga pengawasannya.

Secara umum, tanaman hias itu dicuri pada malam hari. Kami sudah pernah surati Polres dan Satpol PP Rohul, sulit untuk mengawasi dan mengetahui siapa OTK tersebut,’’katanya.(adv/mal)