Sektor Pertanian Indonesia Belum Siap Hadapi MEA

Mediatani.com – Fadli Zon Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mengatakan produktivitas pertanian Indonesia kalah dari Vietnam dan Thailand.

Usai melantik Gus Irawan Pasaribu sebagai Ketua HKTI Sumut di Polonia, Fadli Zon mengatakan kondisi pangan yang sedang dialami Indonesia belum siap bersaing dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Kita tidak memiliki data produksi dan konsumsi yang jelas. Pertanian dan peternakan kita juga belum siap bersaing Dalam MEA. Sekarang kita impor dua juta ton dari Vietnam. Belum lagi jumlah produksi kita di bawah Thailand. Padahal dulu kita negara pengekspor beras,” ujarnya, Senin (30/5/2016).

Dulu, kata Fadli Zon, terjadi krisis pangan di Vietnam dan mereka meminta bantuan ke Indonesia. Indonesia ekspor beras dan hasil pertanian lain serta memberikan pengetahuan teknis produksi pangan ke Vietnam.

“Saat ini sudah sebaliknya. Sekarang Vietnam sudah menjadi produsen beras terbesar di dunia. Ini Ironi. Kesejahteraan petani kita semakin tidak jelas. Ini kenyataan, dan kita harus bersiap, ke depannya kita harus jadi tuan rumah di negeri sendiri,” kata Fadli Zon.