Sirsak Punya Sejuta Manfaat Dan Khasiat Bagi Kesehatan

Tanaman Sirsak memang sangat populer di telinga dan lidah masyarakat kita. Rasanya yang manis dan dagingnya lembut membuat lidah tergoda.

Ternyata Sirsak bukan hanya enak disantap sebagai jus atau dimakan langsung. Tanaman ini dapat mengobati berbagai penyakit.

Bagi masyarakat yang takut akan efek samping akibat mengkonsumsi obat-obatan medis modern akan cenderung menggunakan obat-obatan herbal.

Dalam hal ini tidak dapat dipungkiri pemilihan obat herbal yang tepat memang menjadi alternative sebagai media penyembuh para penderita penyakit.

Salah satu yang sudah banyak menjadi buah bibir masyarakat adalah khasiat dari sirsak.

Hampir semua bagian tanaman sirsak dapat dimanfaat dari daun, akar, batang, dan tentu saja buahnya. Batang pohon sirsak dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, selain memiliki rasa yang manis asam segar, buah sirsak juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah sirsak juga dapat mengobati sariawan dan bau mulut.

Salah satu bagian tumbuhan sirsak juga berguna untuk pertanian. Biji sirsak dapat dijadikan insektisida alami atau pestisida nabati untuk memberantas hama tanaman. Sangat tidak disarankan mengkonsumsi biji sirsak karena mengandung racun.

Tak kalah dengan buahnya, daun sirsakpun memiliki peran penting sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Daun sirsak memiliki dampak positif sebagai obat penyakit berikut ini:

Sirsak Dapat Mengobati kanker

Sekarang banyak klaim dari berbagai kalangan tentang manfaat tanaman-tanaman yang dapat mengobati kanker, salah satunya adalah daun sirsak.

Sebenarnya daun sirsak memiliki tingkat keasaman yang tinggi, sehingga berbahaya bagi pasien penderita kanker yang kondisinya melemah.

Hal ini dikarenakan asam tinggi pada daun sirsak dapat menyebabkan kondisi yang parah pada lambung. Dalam hal ini daun sirsak lebih bagus dikombinasikan dengan sarang semut.

Sarang semut bertindak sebagai pelindung lambung dari keasaman daun sirsak.

Sirsak Dapat Mengobati sakit pinggang

Sakit dan nyeri pada pinggang membuat kerja dan aktifias sehari-hari menjadi terganggu. Untuk mengatasi sakit pinggang tersebut kita dapat mengandalkan khasiat dari daun sirsak.

Sirsak Dapat Mengobati Asma

Penyakit keturunan dan penyakit akibat terganggunya saluran pernafasan ini dapat dicegah dengan daun yang memiliki buah yang manis asam ini.

Sirsak Dapat Mengobati Batuk ringan

Daun sirsak juga bermanfaat sebagai obat untuk penderita batuk ringan.

Sirsak Dapat Mengobati Asam urat

Asam urat sekarang tak hanya menjangkit pria lanjut usia, tetapi wanita dan lelaki mudapun sekarang sudah banyak menderia penyakit ini.

Tidak ada salahnya mencoba obat herbal dari daun sirsak untuk tolak balak asam urat.

Sirsak Dapat Menurunkan darah tinggi

Darah tinggi atau dalam bahasa medis hipertensi ini merupakan penyakit yang sudah taka sing di telinga masyarakat Indonesia.

Pasalnya, banyak diantara mereka adalah salah satu keluarga kita sendiri. Hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya karena dapat mengundang penyakit lain seperti stroke yang menyebabkan kelumpuhan.

Nah daun sirsak yang sudah direbus dan diminum airnya dapat mengobati penyakit ini.

Sirsak Dapat Mengobati Diabetes

Kadar gula orang normal yaitu antara 70-120 mg. Kelebihan kadar gula dalam darah dapat menyebabkan penyakit diabetes. Dengan rebusan daun sirsak dapat mencegah dan mengobati penyakit kelebihan gula darah.

Sirsak Dapat Mengatasi wasir

Penderita wasir harus menghindari makanan yang pedas dan asam. Selain menghindari makanan tersebut, penderita wasir juga harus mengobatinya dari dalam.

Untuk pengobatan dari dalam, daun sirsak menjadi alternatif obat herbal yang sangat dianjurkan.

Selain pengobatan dari daun sirsak, obat yang lebih penting lagi adalah merubah pola hidup anda menjadi gaya hidup sehat.

Menerapkan gaya hidup sehat dapa dimulai dengan memilah milih makanan apa saja yang akan masuk ke dalam perut karena kebanyakan penyakit berasal dari apa yang kita makan.

Tubuh kita setiap hari memerlukan energy yang cukup untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

Dengan konsumsi makanan sehat maka yakinlah penyakit akan lebih sedikit mengampiri.

Olah raga yang cukup juga merupakan kiat sehat yang harus diterapkan untuk merubah pola hidup.

/BC