Sistem Hidroponik Yang Harus Anda Ketahui

Sistem Hidroponik Yang Harus Anda Ketahui – Mediatani.com. Apakah anda gemar bercocok tanam namun tidak memiliki lahan tanah yang bisa digunakan untuk berkebun?. jangan khawatir dengan majunya teknologi semakin pesat, maka cara bercocok tanampun semakin berkembang. Apakah anda pernah mendengar hidroponik system.

Hidroponik merupakan sistem bercocok tanam dengan enggunakan media air sebagai bahan utamanya. Hydro artinya air sedangkan ponik mengandung arti menggunakan tenaga air. sehingga hidroponik dapat diartikan sebagai cara bercock tanam tanpa menggunakan tanah sebagai medianya namun cenderung air sebaga unsur utama. Air memang sangta dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh dan fotosintesis.

Sebenarnya system bercocok tanam hidroponik ini sudah dikenal sejak lama namun beberapa orang tidak mengenalnya dikarenakan minim informasi. Keuntungan dari system ini adalah anda bisa menggunakannya atau menerapkan di umah anda atau pekaangan kecil.

Sistem hidroponik idealnya tidak memakan banyak tempat seperti bercocok tanam menggunakan lahan tanah sebagai media utama. Anda juga bisa mengatur asupan nutrsi yang dibutuhkan oleh tanaman itu sendiri. Anda juga akan meminimalisir hama seperti tikus tanah dalam bercocok tanam dan penggunan obat hama yang dapa mengurangi gizi dalam tanaman anda.

Hydroponics System

Dalam metode hidroponik terdapat beberapa macam teknik yang dapat digunakan bagi anda yang ingin mencobanya di rumah. Berikut ulasan lengkapnya :

1. Sistem Hidroponik – Ebb dan flow system

Cara penanaman tanaman menggunakan teknik ebb dan flow system lebih mengutamakan nutrisis dalam bercocok tanam. Cara mnggunakan teknik ini diantaranya adalah sipkan wadah yang cukup besar lalu isikan wadah dengan larutan nutrisi dan benih tanaman kemudian atur jarak antar tanaman tersebut. Anda perlu mengatur pompa yang nantinya dikoneksikan dengan timer.

2. Sistem Hidroponik – Aeroponic system

Bila anda bercock tanam menggunakan teknik ini anda akan memperoleh keuntungan berupa hasil tanaman yang lebih baik dan cepat ketimbang teknik lainnya. Aeroponic system lebih menggunakan larutan nutrisi berupa kabut yang langsung menyentuh akar tanaman sehingga nutrisi langsung terserap. Tanaman tersebut mendapat nutrisi yang cukup dari kabut yang memang banyak mengandung oksigen sehingga pertumbuhanny lebih cepat ketimbang tanaman dengan menggunakan metode lainnya.

3. Sistem Hidroponik – Wick system

Teknik ini tergolong sangatlah sederhana ketimbang teknik lainnya sehingga tidak heran bila banyak yang menggunakan teknik ini dalam hal bercocok tanam. Laruta nutrisi dengan menggunakan system ini cenderung langsung dialirkan ke dalam tanamn dari medianya sehingga bila anda menanam tanaman dengan metode ini jangan menggunakan tanaman yang banyak menggunakan air.

4. Sistem Hidroponik – Ntt (nutrient film technique)

Bila anda menggunakan metode ini anda tidak perlu menggunakan pompa atau timer seperti ebb dan flow system. Tidak heran bila metode ini banyak digunakan oleh orang banyak dan membuatnya popular. Meode nft dimulai dengan meletakkan tanaman dalam tabung dan membuat akar vtanaman tersebut menggantung didalam larutan nutrisi. Anda bisa menerapkan metode ini untuk bercocok tanam dengan tanaman selada yang notabenenya menggunakan air.

5. Sistem Hidroponik – Drip system

Drip system menggunakan timer dn pompa seperti ebb dan flow system. Timer ini nantinya akan mengontrol pompa yang mengaliri tanaman dengan larutan nutrisi. Metode ini juga sangat popular dikalangan petani.

6. Sistem Hidroponik – Water culture system

Water culture system lebih mengutamakan bnayak air dalam penerapannya, tanamanbisa diletakan datas rakit dan langsung mengaliri akar tanaman dengan larutan nutrisi dan udara akan diperoleh memalui diffuser udara atau bisa juga melalui pompa akuarium. Tnaman akan cepat tumbuh dengan menggunakn teknik ini sebab banyak menyerap larutan nutrisi.

Baca juga : Gambar Beberapa Sistem Hidroponik Yang Bisa Dipraktikkan Di Rumah

Itulah tadi beberapa teknik penerapan system hidroponik untuk anda yang ingin mencoba hal-hal baru dalam dunia bercocok tanam. Semoga bisa menambah wawasan anda dan dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan menambah pundi-pundi uang saku anda untuk kedepannya.