Tanaman Bonsai Yang Mudah Ditanam Di Rumah

Mediatani.comTanaman Bonsai adalah tanaman unik yang dibentuk menjadi berbagai ukiran yang menarik di dalam pot yang dangkal, biasanya pohon yang digunakan ialah pohon yang sudah tua supaya terlihat bagus untuk dijadikan miniatur di alam bebas, sehingga sangat mudah untuk tumbuh dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi dan memiliki daun yang lebat.

Tanaman bonsai ditumbuhkan atau ditanam dalam pot. Pot yang digunakan bisa bentuk apa saja panjang, oval, bulat, segi empat, segi tiga bahkan yang lainnya. Pembentukan bonsai memiliki teknik dan seni pemotongan, pemangkasan dan pengawetan yang terlihat rumit, mulai dengan melilitkan atau membengkokkannya dengan kawat, sehingga menghasilkan tanaman yang bagus dan lucu.

Tanaman bonsai bahkan bisa hidup puluhan tahun bahkan ratusan tahun lamanya karena memang dari segi tekniknya yang sulit sekali untuk dilakukan. Meskipun sulit jangan takut untuk mencoba mempelajarinya sebab saat ini banyak yang juga belajar cara menanam tanaman bonsai dan membuatnya menjadi lahan bisnis sendiri yang juga dapat mengisi kantong-kantong anda. Harganya memang tidaklah murah karena kualitas tanaman dan keunikan bonsai sendiri patut untuk dihargai dengan harga yang fantastis.

Bila anda jalan-jalan ke jepang anda juga bisa menikmati festival tanaman bonsai yang diikuti berbagai puluhan peserta dengan membawa berbagai jenis bonsai yang memiliki keunikan bentuk tersendiri yang sayang bila anda lewatkan. Peserta yang ikut pun berasal dari komunitas atau perorangan yang ahli membuat tanaman bonsai.

Memilih Tanaman Bonsai

Sebelum anda mengenal cara membudayakan tanaman ini anda perlu mengenal terlebih dulu tanaman apa saja yang bisa dibentuk menjadi bonsai seperti ulasan yang dijabarkan sebagai berikut;

1. Tanaman asam, tanaman asam ini memiliki akar dan batang yang kuat serta tua, sehingga mudah dibentuk menjadi bonsai. Tanaman asam yang bisa dijadikan bonsai yakni asam jawa dan asam belanda. Asam jawa mampu hidup di dataran rendah, pohon ini juga dikenal sebagai pohon penolong dalam arti pohon peneduh yang biasanya berada di pinggir jalan. Sedangkan asam belanda merupakan asam yang berasal dari negara tropis Amerika, memiliki daun yang lebih coklat dari pada asam jawa.

2. Pohon Beringin, pohon beringin biasa dikenal dengan pohon segitiga karena bentuknya, memiliki akar yang kuat dan daun yang rimbun sehingga bisa dibentuk dengan berbagai gaya.

3. Cemara, pohon yang biasa tumbuh di daerah pegunungan atau bukit ini mampu bertahan dari hama dan kekeringan. Pohon ini juga mudah dibentuk menjadi bonsai yang menarik, selain batangnya keras dan beralur pohonnya juga mudah diukir.

4. Pohon jeruk, tanaman yang satu ini ialah tanaman yang buahnya bisa dimakan, selain aroma buahnya yang khas pohon ini juga memiliki paduan antara pohon yang kerdil dan buahnya berwarna orange sehingga terlihat unik.

5. Pohon Kelapa, tanaman yang biasa dijadikan lambang dalam pramuka ini biasa tumbuh menjulang tinggi, akan tetapi bisa diukir menjadi pohon bonsai sehingga pohonnya tumbuh tidak terlalu tinggi.

6. Pohon sawo, sawo merupakan makanan yang berasal dari buah-buahan, mengandung batang yang bergetah dan bercabang-cabang. Akar yang keras dan tidak merata sangat cocok untuk dijadikan pohon bonsai.

Model dan gaya tanaman bonsai bisa diukir mengikuti pertumbuhan aslinya, seperti tegak lurus dimana pangkal batang yang besar semakin tinggi semakin mengecil. Tegak berliku dimana batangnya tegak dan berlekuk-lekuk, gaya miring dimana batang yang tegak lurus di tanam dengan bentuk miring dengan posisi tanah yang miring lama kelamaan batang tersebut akan tumbuh miring dengan sendirinya. Setengah menggantung biasanya ditanam pada posisi tebing yang curam, apabila ditambahi pot maka posisi pohon akan terlihat lebih unik karena menggantung.

Menanam bonsai merupakan karya yang memiliki seni tinggi dan bisa dijadikan hobi yang bergaya bagi kalangan pencinta hiasan. Semoga yang telah dibahas artikel ini memberikan anda inspirasi untuk mencoba dan mungkin membudayakan tanaman bonsai.