Tanaman Kaya Antioksidan Bisa Jadi Tanaman Hias di Rumah

Tanaman Kaya Antioksidan jadi Tanaman Hias 

Media TaniTanaman yang mengandung Zat Antioksidan dari tanaman hias rumah. Zat Antioksidan yang terkandung dalam tubuh bermanfaat untuk menghilangkan efek dari radikal bebas(oksidan) yang bersifat merusak sel sehat, dan hal seperti itu tak terhindarkan dari kehidupan kita sehari-hari. Kadar Oksidan dalam tubuh kita bisa semakin tinggi, apabila kita berada dalam lingkungan polusi tinggi atau gaya hidup yang buruk.

Dengan demikian antioksidan akan selalu melindungi kita dari penyakit terkait radikal bebas, seperti jantung, kanker, tekanan darah tinggi, efek penuaan dini, serta juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Antioksidan adalah termasuk nutrisi seperti vitamin E, beta -karoten, selenium, lutein, licopene, anthosianin, koenzim Q10, asam alpha lipoic dan flavonoid. Masih banyak lagi senyawa antioksidan yang lain dalam makanan yang masih belum teridentifikasi.

Dari mana kita bisa mendapatkan antioksidan ini? Buah-buahan dan sayuran kaya akan zat ini. Ya, ternyata buah dan sayuran tak hanya mengandung vitamin dan mineral saja.Sayangnya, perjalanan yang ditempuh buah dan sayuran hingga sampai ke tangan penikmatnya dapat menggerus kandungan gizi di dalamnya. Untuk itu, mari coba menanam buah dan sayuran yang mengandung antioksidan di halaman rumah. Karena Tanaman Obat dan Sayur juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman yang menghiasi taman rumah kita.

Warna-warna alami dari buah-buahan dan sayuran tersebut dapat membantu menyegarkan penglihatan mata. Pilihan pot atau keranjang juga akan sangat membantu. Melansir lamanBoldsky, Minggu (8/2/2015), inilah dia daftar buah dan sayuran yang mengandung antioksidan yang bisa ditanam di pekarangan rumah Anda:
1. Wortel

Tingginya kandungan beta-kartoten menjadikan wortel sebagai sayuran berantioksidan yang wajib ditanam di halaman rumah. Tumbuhan akar ini juga bisa ditanam di sebuah pot besar.

2. Kubis

Sayuran ini sangat menguntung karena dapat tumbuh terus menerus sesuai kebutuhan. Caranya? Awasi ulat dan hama yang menghinggapinya. Susun rapih tanaman ini, menata secara vertikal pun lebih baik.

3. Tomat

Tomat mengandung banyak kaya beta karoten, likopen, dan vitamin yang sangat cocok untuk ditanam di halaman rumah Anda. Warna merah mencolok dari tomat akan memancarkan sisi cerah di rumah Anda.

4. Strawberry

Buah ini dapat tumbuh dengan baik di tempat-tempat cerah. Menyusun pot secara mendatar di tanah atau menggantung pot secara vertikal pada dinding. Warna merah ketika strawberry berbuah akan menyegarkan mata penghuni dan tamu rumah Anda.

5. Teh

Jika rumah Anda di dataran diri, coba tanam pohon teh di halaman rumah Anda. Panen teh dari ujung daun muda yang dapat digunakan saat segar untuk diseduh sebagai teh hijau atau dikeringkan dan dinikmari sebagai teh hitam. Nuansa rumah akan terasa semakin sejuk.

6. Rosella

Rosella (Hisbiscus sabdariffa) dikenal sebagai tanaman yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Banyak penelitian ilmiah mengungkapkan khasiat tanaman asal benua Afrika itu. Selain banyak dimanfaatkan sebagai minuman atau bahan makanan, rosella juga memiliki berbagai khasiat. Rosella juga terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dan LDL-kolesterol dalam darah.