Tanaman Kopi Primadona Indonesia

Mediatani.com – Tanaman kopi paling populer di Indonesia. Orang Indonesia tentunya sangat akrab dengan minuman satu ini, warnanya yang hitam kental membawa peminumnya menjadi teman disaat malam hari. Dingin ataupun panas minuman satu ini tetaplah lezat untuk dinikmati. Penikmatnya bukan hanya kalangan menengah keatas namun menengah ke bawahpun memuji kenikmatan si hitam legit ini, kopi namanya. Kopi memang akrab sebagai teman pendamping di pagi hari ketika ingin beraktivitas maupun malam hari agar terjaga untuk bergadang.

Indonesia sendiri dikenal memiliki banyak varian kopi yang dihasilkan di beberapa daerah bahkan ada diantaranya menjadi jenis kopi termahal di dunia. Kopi yang selalu jadi primadona ini adalah kopi luwak yang harganya menjadi jutaan rupiah tiap bungkusnya. Ini trjadi karena cara pengambilan dan pengolahan kopi ini menggunakan media hewan untuk memilah kopinya yakni binatang luwak.

Tanaman kopi sendiri faktanya bukn merupakan tanaman khas Indonesia namun berasal dari benua afrika yang meluas ke amerika latin hingga ke penjuru dunia. Tanaman ini biasanya hidup di lahan yang memiliki iklim subtropics dan tropis dan buahnya yang berbentuk lonjong atau bulatlah yang diambil untuk dijadikan kopi. Bila ditelisik sejarah penyebaran kopi di Indonesia maka belanda sangatlah berjasa karena dahulunya pada tahun 1986 dengan memperkenalkan jenis kopi arabika. Saat itu kopi arabika ditanam di Indonesia sayangnya tanaman ini terkena penyakit HV yang membuat tanaman mati secara masal. Melihat hal tersebut belandapun tak menyerah dan mulai memperkenalkan kopi robusta dan liberika untuk ditanam di Indonesia karena tahan akan penyakit HV hingga berkembang saat ini.

Saat ini hanya empat jenis kopi saja yang dijual belikan secara masal di Indonesia diantaranya adalah kopi arabika, robusta, liberika dan excelsa dan lainnya cenderung hanya sebagai bahan penelitian oleh para peneliti. Kopi memang sangat menarik sebab bisa dikombinasika baik dengan makanan ataupun hanya dijadikan minuman biasa. Tidak heran bila saat ini banyak bermuncullan kedai kopi yang menjual makanan ataupun minuman berbahan kopi. Meminum kopi juga dipercaya mengurangi peminumnya trserang penyakit jantung bila dikonsumsi secara tidak berlebihan. Kopi juga telah tersedia dalam kemasan botol yang praktis anda bawa kemana-mana bahkan ada yang menjadikannya buah tangan suatu daerah. Mengenai harga tentunya sangatlah bervariasi tapi tentu saja hal ini bisa menjadi peluang anda untuk menjadikannya lahan bisnis yang menguntungkan bagi anda.

Tanaman kopi sendiri tidak memerlukan banyak air sehingga cocok ditanam di musim kemarau. Selain itu satu tumbuhan kopi mampu menghasil ribuan butir biji kopi yang dapat dikeringkan lalu digiling dan disaring dan dikemas secara apik baru bis dipasarkan secara masal. Kopi juga ada yang menggunakannya sebagai media spa untuk merawat tubuh agar semakin halus dan cerah. Saat ini ternyata bukan hanya biji kopinya yang dimanfaatkan namun juga daun kopinya dimanfaatkan oleh beberapa masyarakat Indonesia untuk dijadikan minuman yang tak kalah nikmatnya.

Bila anda ingin mencoba bisnis untuk mengembangkan tanaman kopi anda bisa memulai untuk menjual benihnya ataupun menjual kopi itu sendiri. Bisnis ini tentu saja sangat menarik karena rata-rata warga Indonesia gemar menyeduh kopi bahkan warung kopi sangat ramai menjadi tempat kumpul para kalangan muda meskipun mereka hanya memesan kopi namun mereka betah berlama-lama dan mengobrol dengan teman-eman mereka.

Kopi memang bukan menjadi komoditi ekspor pertama Indonesia namun kopi Indonesia sangat dikenal di luar negeri karena kenikmatannya yang berbeda disbanding dengan jenis kopi lainnya. Ada sebuah kopi yang sangat dikenal di mancanegara bernama toraja yang dikemas modern dan laku dipasarkan di luar negeri. Siapa tahu anda menjadi terinspirasi untuk memulai usaha anda khususnya untuk usaha kopi di masa mendatang.