Tanaman Obat Serta Bagaimana Cara Memanfaatkannya

Tanaman Obat Dan Cara Memanfaatkannya – Definisi dari tanaman obat adalah jenis tanaman yang memiliki khasiat dan fungsi sebagai penyembuhan penyakit tertentu. Tanaman obat terdiri dari banyak jenis tumbuhan baik secara sengaja dibudidaya maupun jenis tumbuhan liar yang berguna sebagai penyembuhan. Tanaman obat terdiri dari bahan yang berasal dari tanaman yang masih sederhana, murni dan belum diolah. Pada umumnya masyarakat mengolah tanaman obat untuk dikonsumsi sebagai penyembuh caranya sangat tradisional, yaitu dengan cara meracik, memerah dan juga merebus.

Ada beberapa cara tradisional memanfaatkan jenis tanaman obat yang bisa dijadikan sebagai penyembuh penyakit tertentu, antara lain:

Tanaman Obat : Kumis kucing

Khasiat tumbuhan kumis kucing yaitu membantu mengatasi infeksi saluran kecing dan memperlancarkan keluarnya air kemih (air seni). Penyebab utama penyakit ini ialah adanya bakteri escherishia coli yang biasanya hidup pada usus dan kotoran manusia. Cara penggunaannya mudah sekali, ambil 20 gr daun kumis kucing yang masih segar, rebus dengan menggunakan 2 gelas air putih tunggu 15 menit sampai mendidih, lalu minum air yang sudah direbus dengan takaran ½ gelas diwaktu pagi dan sore hari.

Tanaman Obat : Tebu Hitam

Khasiat yang terkandung dalam tebu hitam bermanfaat untuk mengobati penyakit batuk. Caranya ambil satu ruas tebu hitam yang sudah cukup tua, kemudian diperas airnya lalu diminum. Lakukan berulang kali untuk hasil yang lebih baik. Selain itu juga tebu hitam berfungsi untuk menguatkan gusi dan gigi. Anda juga terhindar dari efek samping untuk tubuh anda karena menggunakan bahan-bahan alami.

Tanaman Obat : Daun Pandan Wangi

Khasiat yang terdapat dalam daun pandan wangi bagi manusia banyak sekali, pandan wangi biasanya digunakan para ibu sebagai pewarna dan pengharum makanan. Cara ini sudah tentu jauh lebih baik baik kesehatan manusia, dari pada menggunakan bahan-bahan kimia lainnya yang berdampak negatif bagi tubuh. Khasiat daun pandan wangi bagi kesehatan yaitu, daun pandan wangi berguna sebagai bahan herbal untuk mengatasi penyakit-penyakit tertentu. Seperti, mengobati rematik. Caranya cukup mudah, ambil beberapa helai daun pandan wangi segar, dicuci hingga bersih, kemudian dipotong beberapa bagian, lalu campur minyak kelapa sambil didihkan dan diaduk hingga merata. Tunggu, sampai dingin setelah dingin gosok dan urut secara perlahan-lahan didaerah yang sakit.

Tanaman Obat : Temu Lawak

Manfaat temu lawak bagi kesehatan manusia sudah tidak diragukan lagi, banyak khasiat yang terkandung didalam temu lawak yang berfungsi sebagai penyembuhan berbagai macam penyakit. Temu lawak sangat mudah ditemukan di negri ini yaitu Indonesia, sudah menjadi bahan utama para nenek-moyang dulu menggunakan temu lawak sebagai obat. Temu lawak bermanfaat menjaga kesehatan hati. Jika sering mengkonsumsi temu lawan secara teratur, itu sama artinya memelihara kesehatan hati. Temulawak mengandung kata goga yang membantu hati untuk memproduksi empedu. Cara pengolahannya, ambil temu lawak beberapa ruas, kupas kulitnya lalu dibersihkan hingga bersih, potong tipis dan jemur sampai kering, setelah kering direbus sampai mendidih, selanjutnya tiriskan air rebusan minum secara teratur.

Tanaman Obat : Kunyit

Tumbuhan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, kunyit sering digunakan para ibu-ibu jika masak gule terutama masakan padang yang banyak digemari oleh pencinta kuliner. Kunyit mengandung senyawa kurkumin, yaitu zat yang membuat warna kuning pada kunyit. Kurkumin yaitu senyawa antioksidan dan antiiflamasi yang kuat. Beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan menggunakan ramuan kunyit yaitu, membantu masalah pencernaan, mencegah penumpukan gas, menjaga kesehatan lambung, mengatasi gangguan sembelit. Cara mengkonsumsinya sangat mudah, ambil beberapa potong kunyit segar yang sudah dibersihkan lalu kupas kulitnya kemudian diparut, tambahkan satu gelas air matang matang lalu diparut, agar hasilnya lebih sempurna campurkan sdm madu asli dan jeruk nipis. Minum secara teratur, pagi dan sore hari.

Itulah beberapa jenis tanaman obat dan cara memanfaatkannya. Masih ada banyak lagi artikel menarik mengenai tanaman obat di web ini. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu, sampai jumpa.