Tanaman Obat Herbal Diabetes Lengkap

Mediatani.comHerbal merupakan jenis pengobatan yang menggunakan bahan alami berupa obat-obatan yang digunakan untuk penyembuhan suatu penyakit. Obat herbal sendiri terdiri dari berbagai jenis diantaranya adalah kunyit putih, daun dewa, temulawak, jahe dan masih banyak lagi lainnya.

Penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan herbal banyak sekali bahakan penyakit yang berbahyapun dipercaya mampu sembuh menggunakan obat herbal ini.

Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan oleh tanaman obat herbal adalah diabetes. Diabetes merupakan suatu penyakit yang timbul akibat kadar gula dalam tubuh sangat tinggi.

Penyebab penyakit inipun beragama mulai dari factor keturunan yang juga memiliki penyakit yang sama sebeblumnya, mengkonsumsi makanan tinggi glukosa secara berlebihan, pada saat hamil seorang ibu hamil memakan gula secara tidak normal sehingga menderita diabetes begitu pula dengan anaknya, dan kebiasaan pola hidup yang buruk.

Diabetes sendiri terbagi atas dua jenis yakni diabetes kering dan diabetes basah yang keduanya berbahaya bagi tubuh.  Diabetes kering membuat penderitanya menjadi kurus kering tanpa penyebab yang jelas sebab penderita tidak lagi menggunakan glukosa untuk tenaga karena terbatasnya insulin melainkan lemak.

Diabetes basah membuat penderita kehilangan anggota tubuhnya karena digerogoti oleh penyakit gula ini dan bila terdapat luka maka luka ini sangat sulit untuk disembuhkan. Kedua penyakit ini biasanya melanda para manula namun dewasa ini kalangan muda pun juga banyak yang mengidapnya dikarenakan pola hidup yang kurang sehat.

Adapun gejala yang bisa kita  waspadai untuk penyakit ini diantaranya adalah bila mengalami luka sulit untu sembuh, berat badan turun drastic tanpa tahu penyebab pastinya, serin merasakan haus dan lapar, merasakan gatal-gatal, sering buang air kecil, sensitive dan mood berubah-ubah serta nafas menjadi bau.

Pengobatan untuk penyakit inipun bermacam-macam mulai dai segi medis yakni menyuntikan cairan insulin kepada tubuh atau pengobatan herbal dengan mengkonsumsi bahan alami yang ditemukan di pasaran. Pengobatan dengan obat herbal banyak digunakan penderita karena tidak menggunakan bahan kimia yang mampu menghilangkan efek samping akibat obat berbahan kimia.

Adapun beberapa obat herbal diabetes  diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Cabai

Cabai bukan saja sebagai bahan pelengkap rasa dalam bumbu dapur namun juga mampu menstabilkan kadar gula dalam tubuh karena adanya kandungan zat karotenoid.

  1. Kedelai

Kedelai memang sangat baik bagi tubuh manusia karena mengandung protein dan mampu mengurangi pengeluaran urin yang tinggi. Saat ini banyak terdapat makanan ringan yang menggunakan kedelai sebagai bahan utamanya dan mengandung  gula yang rendah lemak.

  1. Gandum

Gandum dapat membantu dalam program diet anda dan menurunkan kolesterol dalam tubuh karena adanya zat neta glucan.

  1. Pare

Pare  yang cenderung pahit memiliki khasiat yang luar biasa dalam tubuh diantaranya adalah mengandung kadar gula yang rendah serta kaya akan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

  1. Keladi tikus

Tanaman keladi tikus ini memiliki manfaat dalam membantu regenerasi sel sehingga dapat membantu proses regenerasi sel insulin yang rusak akibat penyakit ini. Selain digunakan sebagai obat kanker, keladi tikus juga dapat digunakan sebagai obat herbal diabetes.

  1. Sirsak

Sirsak bukan hanya enak untuk dikonsumsi secara langsung namun juga baik bagi penderita diabetes karena daunnya dapat membantu menjaga kadar gula dalam tubuh dan membantu fungsi kerja dari pankreas dalam menghasilkan insulin.

Selain mengkonsumsi obat herbal diabetes, penderita diabetes juga perlu memperhatikan pola hidup dengan cara menghindari makanan yang berlemak seperti gorengan, jangan terlalu banyak mengkonsumsi nasi putih dan menggantinya dengan nasi merah yang lebih rendah glukosa, perbanyak minum air putih paling tidak 8 gelas per hari.

Anda juga harus lebih selektif dalam makanan dan obat-obatan yang anda konsumsi dan cobalah untuk berolahraga yang cukup dan teratur.