Teknik Budidaya Tanaman Tahunan

Cara penanaman tanaman tahunan

Untuk kondisi lahan kering, penambahan bahan organik seperti pupuk kandang cukup sulit dilaksanakan. Hal ini disebabkan oleh tidak tersedianya pupuk kandang dalam jumlah yang cukup serta sulitnya membawa pupuk kandang dalam kondisi medan yang berbukit-bukit.  Untuk itu perlu dilakukan persiapan tanam yang cukup memadai.  Persiapan tanam yang dimaksudkan adalah ¬pembuatan lubang tanam jauh sebelum dilaksanakan tanam, penanaman leguminosa pohon (sebagai tanaman epelindung, penghasil bahan organik dan mulsa)  serta pemeliharaan bibit sebelum dipindah ke lapangan.

Penanaman sebaliknya dilakukan pada awal musim hujan, sedang¬kan pembuatan lubang tanam dilakukan 2-3 bulan sebelum tanam. Penutupan lubang dilakukan setelah ada hujan dengan mengguna¬kan tanah galian bagian atas yang telah dicampur dengan pupuk kandang, abu, dan Furadan untuk mencegah berkembangnya hama.

Penataan tanaman tahunan

Penataan dimaksudkan untuk mendukung usaha konservasi tanah dan air dengan memberikan media tumbuh yang optimal bagi tanaman tahunan maupun tanaman pangan yang berada di bawah¬nya, sesuai dengan kemiringan lahan.

Pada dasarnya semakin miring sebidang lahan, semakin banyak jumlah tanaman tahunannya dan sebaliknya akan semakin sempit lahan yang tersedia bagi tanaman pangan semusim.

Klik Untuk baca artikel Teknik Budidaya Tanam Tanaman Tahunan di link berikut:
Download TEKNIK BERCOCOK TANAM TANAMAN TAHUNAN.docx