Tenaga Bantu Penyuluih Pertanian Tagih Janji Jokowi

Mediatani.com – Forum Komunikasi Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluih Pertanian (THL TBBP) bertandang ke gedung MPR untuk menyampaikan aspirasi. Mereka bermaksud untuk menagih janji presiden RI, Jokowi.

Puluhan anggota Forum Komunikasi THL TBBP tersebut disambut oleh ketua MPR RI Zulkifli Hasan, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (8/9/2016).

Delegasi Forum Komunikasi Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluih Pertanian dipimpin Sekjen THL TBBP Baihaqi. Mereka menyampaikan keinginan para THL TBBP agar Ketua MPR turut memperjuangkan 19.156 orang penyuluh pertanian menjadi pegawai negeri sipil, seperti yang pernah dijanjikan oleh Jokowi.

Baihaqi menyesalkan pemerintah sampai saat ini belum memenuhi janjinya. Menurutnya Jokowi telah berjanji kepada para penyuluh pertanian untuk dijadikan PNS, dengan syarat mampu menjaga kelestarian lahan tanaman pangan seluas 10 juta hektar.

Syarat tersebut kata Baihaqi, telah berhasil dicapai oleh para penyuluh pertanian pada Maret lalu, sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

“Setelah para penyuluh ini berhasil, ternyata pemerintah hanya mau mengangkat para penyuluh yang usianya dibawah 35 tahun, atau sebanyak 6.050 orang,” ucapnya.

Oleh karena itu, mereka berharap Ketua MPR mau membantu menyampaikan aspirasi tersebut kepada pemerintah. Khususnya kepada Presiden Joko Widodo, Kementan dan MenPan.

Sementara itu, Zulkifli Hasan menyatakan, pihaknya prihatin dengan nasib para anggota THL TBBP. Karena itu Ketua MPR menyampaikan kesediaannya menjadi penyambung lidah aspirasi para penyuluh pertanian kepada pemerintah.

Kendati demikian, Zulkifli meminta seluruh anggota THL TBBP bisa tetap tenang. Ketua MPR juga mempersilakan THL TBBP untuk melakukan unjuk rasa kembali, kalau merasa aspirasinya belum didengarkan pemerintah.

“Asalkan, unjuk rasa yang dilakukan harus dengan tertib dan tidak membuat kerusakan,” tutur dia.

Seperti diketahui, para penyuluh pertanian yang tergabung dalam THL TBBP baru saja melakukan aksi demo untuk menagih janji pemerintah yang hendak menjadikan mereka sebagai PNS. Aksi damai tersebut diikuti perwakilan THL TBBP dari seluruh Indonesia di Istana Negara.

/JT