Terungkap!!! 5 Khasiat Buah Durian Bagi Kesehatan Manusia

Mediatani.com – Buah Durian memang sangat menggiurkan untuk disantap. Daging buahnya yang empuk dan terasa sangat manis merupakan citarasa tersendiri dari buah berkulit tajam ini. Namun sebahagian orang ada juga yang tidak suka dengan durian, karena menurutnya bau buah ini sangat tidak enak dan mengganggu. Untuk membuat anda mencintai buah durian atau setidaknya mau makan durian walau sesekali, mari kita ketahui apa saja manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh.

Buah durian mengandung banyak zat penting seperti vitamin C, vitamin B, vitamin A, thiamin, riblofavin, kalium, fosfor, magnesium, seng, omega 3 dan omega 6, polypenol, phytonurent, organosulfur, tryptophan, phytosterol dan antioksidan. Selain kandungan tersebut, daging buah durian juga kaya glukosa, karbohidrat, lemak tak jenuh dan protein. Dengan kandungan seperti itu, sangat wajar bila dikatakan bahwa buah durian sebetulnya membawa manfaat untuk tubuh manusia, selama jumlah dan kadarnya di dalam tubuh tidak berlebihan.

Baca Juga: Buah Durian Yang Matang Itu Seperti Ini

Seperti yang dilansir pada laman okezone.com, ternyata ada lima khasiat buah durian pada kesehatan tubuh manusia. Berikut ulasannya:

1. Buah durian dapat menghangatkan tubuh

Kandungan karbohidrat dan glukosa di dalam buah durian mampu menghangatkan badan. Hal ini dikarenakan besarnya kandungan kedua zat tersebut dapat mempengaruhi fungsi kerja hati sebagai pengatur suhu tubuh. Hampir bisa dipastikan bahwa setelah memakan buah durian, suhu tubuh seseorang akan naik dengan sendirinya.

2. Buah durian dapat menonaktifkan zat penyebab kanker

Sebuah penelitian dari Ohio State University menyebutkan bahwa kandungan pyhtonutrient pada daging durian dapat menonaktifkan zat penyebab kanker di dalam jaringan tubuh manusia. Durian dapat menyembuhkan kanker pada level terntu selama dikonsumsi dengan takaran yang tepat bagi tubuh seseorang.

3. Buah durian adalah anti tumor alami

Tahukah anda bahwa di balik ketakutan banyak orang tentang buah durian yang sering ‘diisukan’ mengandung alkohol dan kolesterol, ternyata buah yang satu ini adalah obat anti tumor alami? Sebuah penelitian yang dilakukan Department of Pharmacology &Toxicology, dari State University of Newyork di Buffalo mengungkapkan bahwa zat phytosterol di dalam daging buah durian mampu menjadi anti tumor di dalam tubuh. Dalam jangka panjang, keberadaan phytosterol di dalam jaringan tumor dapat memperlemah tumor itu sendiri. Bukan itu saja, zat ini juga dapat menjadi anti kanker yang ampuh.

4. Buah durian meningkatkan kecerdasan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 200 pelajar di Twickenham School menunjukkan bahwa kandungan kalium di dalam buah durian mampu meningkatkan fokus belajar dan meningkatkan nilai ujian para siswa. Dengan demikian, buah durian merupakan faktor pendorong meningkatnya kecerdasan peserta didik.

5. Buah durian adalah pencahar kolesterol di hati

Kandungan organosulfur di dalam buah durian dapat menurunkan sintesa kolesterol di sel-sel hati. Dengan sintesa kolesterol yang rendah, hati akan terbebas dari serangan kolesterol.

Itulah 5 Khasiat dari buah durian. Sampaikan Artikel ini pada rekan anda yang mungkin sampai saat ini tidak tahu betapa bermanfaatnya buah durian bagi kesehatan. SHARE!!