Tips Membuat Tanam Rumah Minimalis

MediaTani – Taman minimalis adalah sebuah taman yang dibuat pada lahan yang sempit, sangat cocok buat rumah dengan desain minimalis. Uniknya taman minimalis adalah sangat ditentukan oleh kualitas penataan tanaman yang menjadi unsur taman. Jika anda memiliki rumah atau lahan yang sempit, maka taman minimalis adalah solusi buat anda.

Contoh Taman Rumah Minimalis

Sederhananya, Untuk memiliki taman minimalis anda harus memperhatikan furniture taman yang tepat dan spesies tanaman, dapat mengatur irama untuk suasana luar biasa, tempat menyegarkan. Anda dapat memulai berkebun petualangan kenangan sendiri, atau Anda dapat menyewa seorang arsitek landscape untuk membantu memberikan saran.

Membuat taman minimalis sebenarnya sangatlah mudah dan murah, anda bisa membangunnya dengan bahan dari barang bekas seperti botol atau kaleng bekas. Benda-benda tersebut sangat mudah ditemukan di sekitar rumah anda. Daripada jadi sampah yang tidak berguna, lebih baik dimanfaatkan. Anda bisa memanfaatkannya untuk menyusun vertical garden, atau hanya jadi pot yang unik.

Taman rumah minimalis adalah salah satu bagian rumah mungil yang harus anda perhatikan, karena keberadaannya pastilah akan membuat anda semakin betah tinggal di dalamnya. Taman rumah tersebut tak hanya berfungsi sebagai penghias rumah saja, tetapi ia juga ikut andil dalam pemenuhan oksigen untuk para penghuni rumah. Untuk itu, berikut tips membuat taman rumah minimalis.

Tentukan Desain yang Serasi

Agar taman anda terlihat sebagai bagian yang utuh dari bangunan rumah anda, maka desainnya disesuaikan dengan bentuk rumah anda. Jika rumah anda bergaya renaissance atau classic maka desain tamannya juga sangat tepat bergaya renaissance. Atau jika rumah anda bergaya minimalis jepang, maka anda harus menata taman anda dalam bentuk desain taman jepang.

Perhatikan Point View

Point view adalah titik dimana perhatian orang yang melihat taman kita dapat cepat terkesan. Point view biasanya merupakan furniture khusus (hard material) namun penulis sarankan untuk menggunakan tanaman. Tanaman yang bisa digunakan adalah tanaman perdu yang berukuran besar atau tanaman yang memiliki daun berwarna-warni.

Pilih tanaman yang tepat

Tanaman dalam taman tidak hanya mengandung atau mempunyai nilai estetika saja, tetapi juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas lingkungan semaksimal mungkin. Fungsi tanaman dalam taman adalah sebagai Visual Control (control pandangan), Physical Barriers (Pembatas fisik), Climate control (pengendali iklim), dan Wildlife habitat (Habitat satwa).

Penataan Tanaman Yang Tepat

Hindari menaruh deretan tanaman denagan jarak yang terlalu dekat. Hal ini akan membuat taman terlihat sempit. Gunakan metode menanam dengan desain garis lurus. Karena dengan garis lurus taman akan terlihat rapi. Apabila membeli tanaman atau bunga untuk taman, jangan hanya memilih satu jenis tanaman. Tempatkan berbagai jenis tanaman dalam satu kelompok yang disusun rapi. Pada taman belakang rumah, bisa ditempatkan satu set furnitur. Karena bagian belakang rumah bisa digunakan untuk area bersantai keluarga. (ihsan)