Traktor Dari Presiden Belum Sampai ke Tangan Petani di Ngawi

MediaTani – Bantuan alat pertanian berupa 852 unit traktor tangan dan 377 unit pompa air untuk perwakilan kelompok tani se-Jawa Timur Telah diserahkan secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo di lapangan Desa Keras Wetan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, pada tanggal 31 Januari 2015 lalu. [Baca Berita Terkait]

Traktor Bantuan Pemerintah

Namun sangat disayangkan hingga Sabtu (7/2/2015) ratusan traktor bantuan pemerintah tersebut masih berada di pinggir jalan lapangan Desa Keras Wetan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi.

Salah seorang petugas perakit alat pertanian dari PT Kubota, Antok mengatakan bahwa alat-alat pertanian tersebut belum didistribusikan karena masih dalam proses pembongkaran sebelum dikirim ke sejumlah kota/kabupaten tujuan di Jawa Timur.

“Kemarin itu dirakit hanya untuk keperluan menyambut Presiden Joko Widodo. Sekarang dibongkar lagi karena mesinnya akan diganti dengan mesin baru yang lebih baik sesuai dengan standar tender, lalu dikirim,” Ujar Antok.

Menurut Antok, pengirimam alat pertanian berupa ratusan traktor tangan dan pompa air tersebut akan dilakukan secara bertahap oleh pihak pabrik, yakni dari Kubota, Yanmar, dan Rutan. Rata-rata dalam sehari dikirim sekitar 360 traktor untuk sekali angkutan.

Setelah proses perakitan ini selesai barulah alat-alat pertanian tersebut dikirim langsung ke alamat Dinas Pertanian masing-masing kabupaten tujuan, selanjutnya disalurkan ke kelompok tani yang telah ditetapkan sebagai penerima bantuan.