Untan Hijaukan Kampus Dengan 6000 Pohon Langka

MediaTani.com – Universitas Tanjungpura Pontianak bekerjasama dengan Balai Pengelolaan DAS Kapuas untuk melaksanakan penanaman 6.000 bibit pohon langka khas Kalbar. Di antaranya, Tengkawang, Ulin, Bintangur, Pulai dan puluhan pohon langka lainnya.
Pohon Tengkawang ini, jelas Thamrin, produk akhirnya berupa minyak tengkawang, yang sangat diminati oleh pasar Eropa, Amerika dan Asia.
“Oleh sebab itu, mari, pohon-pohon yang langka ini, kita selamatkan, kita tanam di sekitar kita, jadikan kampus khatulistiwa ini sebagai kampus hijau, green campus,” ajak Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA seusai menghadiri upacara penyambutan mahasiswa baru dan pembukaan perkuliahan tahun ajaran 2015/2016 di halaman Rektorat Untan, Senin (31/8/2015).
Dijelaskan Thamrin, bagaimana pun juga, kampus hijau ini memberikan peran dan sumbangsih dan kenyamanan hidup di Kota Pontianak.
Untuk itu, Thamrin menaruh harapan besar kepada seluruh civitas akademika Universitas Tanjungpura, baik para pejabat maupun mahasiswa baru, untuk bersama beramal dan beribadah dengan menanam bibit pohon tengkawang dan pohon langka lainnya.