Usir Kutu Rambut Dengan Tanaman Amargo

MediaTani – Dialah tanaman amargo digunakan untuk mengusir kutu rambut di kepala, tanaman ini dikenal juga dengan nama ki cong corang. Tanaman dari genus Quassia ini dapat digunakan sebagai insektisida, pengobatan tradisonal, dan industri makanan.

Untuk pengobatan tradisional, bagian tanaman yang digunakan adalah kayu dan daun. Pasalnya, tanaman ini mengandung polifenol dan saponin. Efek farmakologis amargo diantaranya adalah anti demam, anti malaria, penguat lambung, dan penghilang kutu di kepala.

Jenis penyakit lainnya yang bisa diobati oleh tanaman perdu ini antara lain sakit perut, gangguan usus, demam, dan malaria.

Jika Anda tertarik mengaplikasikan tanaman ini untuk mengobati sakit perut, lemah lambung, demam, atau malaria, caranya mudah kok. Potong kecil-kecil 6-8 gram kayu, lal rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelh itu dinginkan, saring, dan minum 2 kali sehari saat pagi dan sore hari.
Untuk mengatasi gatal-gatal di kulit kepala, Anda dapat menumbuk daun dan kulit kayu secukupnya, lalu campur dengan sedikit air, dan remas-remas. Gunakan air tumbukan daun dan kayu amargo untuk keramas. Lakukan berulang-ulang untuk membersihkan kutu di kepala.