Wow!!! Tanaman Bisa Naikkan Harga Rumah

Mediatani.com – Dalam sebuah desain, tanaman merupakan ornament yang menambah nilai estetika. Termasuk dalam desain sebuah rumah. Setelah dikaji lebih jauh, ternyata tanaman tidak sesederhana itu manfaatnya bagi rumah dan penghuninya. Tanaman yang ada di rumah bisa menjadi simbol harga rumah bahkan harga diri penghuninya. Luar biasa bukan?

Sebagaimana dilansir Huffingpost.com (15/4/2016) lalu, dinyatakan bahwa berdasarkan sebuah studi di Amerika diperoleh kesimpulan bahwa tanaman dapat meningkatkan nilai jual sebuah rumah dan kebahagiaan seseorang. Hasil studi tersebut mengarahkan trend baru di dunia properti. Harga rumah akan dipengaruhi oleh jenis dan jumlah tanaman yang ada di dalam dan sekitar rumah.

Berdasarkan artikel yang ditulis oleh Kate Bratskeir tersebut, sebuah studi longitudinal selama 15 tahun menemukan bahwa wanita yang tinggal di ruang hijau cenderung hidup lebih lama daripada rekan-rekan mereka yang hidup tanpa dikelilingi tanaman. Sebanyak 34 persen. wanita yang hidup di lingkungan hijau akan terhindar dari kematian akibat penyakit pernapasan, dan 13 persen lebih kecil meninggal karena kanker.

Para peneliti tersebut berhipotesis bahwa, di luar filtrasi udara yang tanaman berikan, keberadaan mereka menawarkan alasan untuk berolahraga dan bersosialisasi keluar. Dua kebiasaan yang berkontribusi untuk hidup sehat.

Penelitian lainnya juga menemukan jika lingkungan tempat tinggal Anda dipenuhi tanaman, maka rumah Anda semakin menarik. Studi yang dilakukan di Philadelphia mengungkapkan bahwa peningkatan vegetasi perkotaan mendorong nilai properti rumah hingga 2 persen. Bahkan lebih signifikan!

Beberapa studi telah meneliti dampak tanaman pada kejahatan, menemukan bahwa menambahkan vegetasi pada lahan kosong dapat dikaitkan dengan penurunan kejahatan tertentu, serta kekerasan dengan senjata. Perubahan ini tentu membuat lingkungan lebih berharga.

Tentu saja, penghijauan pekarangan dan rumah membutuhkan sedikit perencanaan dan sumber daya. Pekarangan kecil nan hijau dapat mengurangi tekanan darah, tingkat stres dan kelelahan para pekerja.

Warna hijau juga dikaitkan dengan peningkatan kreativitas, sehingga menambahkan tanaman berdaun di kantor atau di rumah Anda berpotensi meningkatkan kinerja pekerjaan. Jika Anda bekerja di kantor perusahaan, ada dapat menambahkan tanaman. Suatu studi menemukan bahwa kehadiran tanaman bisa meningkatkan kesejahteraan dan kinerja staf hampir 50 persen, jelas manfaatnya tidak hanya pada estetika.

/JB